Ini Makanan dan Minuman yang Dianjurkan bagi Penderita Diabetes

Ilustrasi jagung. (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 29 November 2022 | 22:00 WIB

Sariagri - Salah satu penyakit yang sering menghantui kita salah satunya adalah diabetes. Penyakit keturunan ini merupakan masalah ketika tubuh tidak mampu mengendalikan kadar gula dalam darah akibat kekurangan hormon insulin.

Hormon insulin adalah hormon alami yang diproduksi oleh pankreas, yang fungsi utamanya adalah membantu mengontrol gula darah.

Merujuk pada Treatment Options for Type 2 Diabetes in Adolescents and Youth (TODAY), penyakit diabetes lebih berkembang cepat pada remaja dibandingkan dengan orang dewasa.

Nah, bagi kamu yang mempunyai anggota keluarga atau orang terdekat yang sudah terdiagnosa diabetes, kamu perlu mengetahui apa yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi.

Sebab ada beberapa jenis makanan sehat, seperti sayur, yang ternyata harus dihindari oleh pasien diabetes. Berikut ini contohnya.

Produk Susu Tinggi Lemak

Pasien diabetes tetap membutuhkan banyak nutrisi untuk tubuhnya, sehingga mereka juga perlu minum susu. Namun, jumlah konsumsi susu harus dibatasi, sebab satu gelas susu mengandung setidaknya 12 gram karbohidrat, yang setara dengan karbohidrat satu porsi makan.

Jenis susu yang sebaiknya dihindari oleh pasien diabetes yaitu susu yang kadar karbohidrat, gula, dan lemaknya tinggi. Alasannya, susu dengan tinggi lemak dan karbohidrat hanya akan menyebabkan kadar gula darah melonjak cepat.

Ada baiknya kamu mengganti susu sapi biasa menjadi susu rendah lemak seperti susu almond atau susu flaxseed.

Makanan dengan Pemanis Buatan

Menurut World Health Organization (WHO), diabetes dapat terjadi ketika pankreas tidak menghasilkan insulin yang dibutuhkan oleh tubuh. Sebenarnya, gula tidak menyebabkan seseorang terkena penyakit diabetes.

Namun, seseorang yang sudah mengalami gangguan kesehatan pankreas akan menyebabkan produksi hormon insulin terganggu. Akibatnya, resiko mengalami penyakit diabetes semakin besar.

Makanan dengan pemanis buatan seperti kue dan roti akan menyebabkan kadar gula darah pada pasien diabetes meningkat. Buah-buahan yang dikemas dalam kaleng dengan kandungan gula tinggi juga sebaiknya dihindari oleh pasien diabetes.

Sebaiknya pasien diabetes mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dengan kandungan gula rendah. Contohnya seperti nasi merah, roti gandum, sereal, oatmeal, dan biji-bijian utuh.

Lalu, ganti cara konsumsi makanan dengan cara digoreng menjadi direbus, dikukus, dipanggang, atau dimakan mentah untuk mengurangi penggunaan minyak.

Jagung

Tubuh membutuhkan karbohidrat dari nasi, gandum, ubi, jagung, dan sebagainya, untuk memberikan energi agar dapat melakukan aktivitas dengan lancar.

Kandungan kalium, magnesium, serta antioksidan pada jagung bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah, sehingga, dapat mencegah terjadinya penyakit darah tinggi.

Selain itu, lutein dan zeaxanthin dalam jagung dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, dan mengurangi risiko katarak. Sayangnya, jagung merupakan jenis makanan yang seharusnya dihindari pasien diabetes, teman-teman.

Baca Juga: Ini Makanan dan Minuman yang Dianjurkan bagi Penderita Diabetes
Bagi Para Pasutri, 6 Makanan Ini Bisa Cegah Kemandulan

Alasannya, jagung mengandung karbohidrat yang tinggi dan serat yang rendah jika dikonsumsi sebanyak satu gelas berukuran kecil. Dalam satu gelas jagung berukuran kecil, mengandung 21 gram karbohidrat dengan serat hanya 2 gram saja.

Padahal, American Diabetes Association menyarankan asupan harian karbohidrat harian untuk pasien diabetes hanya sekitar 15-30 gram satu porsi makan.