Ternyata Nutrisi Jeruk Nipis Bisa Rusak Akibat Kuah Panas pada Makanan

Jeruk nipis. (Foto: Unsplash)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 28 November 2022 | 13:15 WIB

Sariagri - Makan berkuah seperti soto, rasanya kurang lengkap jika tidak ditambahkan dengan perasan jeruk nipis. Meski bisa membuat makan jadi lebih nikmat, ternyata nutrisi dari jeruk nipis bisa hilang.

Memeras satu atau dua jeruk nipis sudah menjadi hal wajib. Faktanya, berdasarkan dari artikel yang dipublish oleh Times of India, memeras lemon ke dalam makanan panas dapat menimbulkan dampak buruk terhadap kesehatan.

Jadi pada dasarnya, ketika kamu memeras jeruk nipis ke dalam makanan panas, kandungan nutrisi vitamin C yang terkandung di dalamnya dapat menurun. Sebabnya, vitamin C sangat sensitif terhadap panas.

Pasalnya, di dalam vitamin C terdapat asam askorbat yang bersifat responsif terhadap suhu dan cahaya. Asam askorbat terdegradasi dengan cepat ketika terpapar suhu tinggi. Hal ini akan menurunkan nutrisi yang terkandung.

Baca Juga: Ternyata Nutrisi Jeruk Nipis Bisa Rusak Akibat Kuah Panas pada Makanan
Dear Ladies, Ini 5 Makanan yang Bisa Redakan Nyeri Haid

"Kandungan vitamin C dalam buah jeruk apa pun sangat peka terhadap panas," ujar ahli gizi Namita Nadar, mengutip Food NDTV.

Akibatnya, ketika buah jeruk jenis apa pun, termasuk lemon, dimasukkan ke dalam makanan panas yang masih mengepul, bahan kimia yang ada di dalamnya akan hancur total. Kondisi ini, lanjut Nadar, justru bakal memicu efek negatif dari vitamin C.

"Jadi sebaiknya tambahkan perasan lemon ke dalam makanan dalam suhu normal," ujar Nadar.