3 Minuman Ini Dijamin Ampuh Atasi Gangguan Insomnia

Ilustrasi susu kurma (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Reza P - Sabtu, 26 November 2022 | 23:00 WIB

Sariagri - Apakah Sobat Agri salah satu yang mengalami insomnia? Insomnia merupakan suatu kondisi permasalahan kesehatan yang di mana penderitanya mengalami kesulitan tidur di malam hari.

Jika mengalami hal ini, beberapa orang akan memilih mengonsumsi obat-obatan. Padahal, ada juga hal lain yang dapat dilakukan seperti mengonsumsi minuman tertentu.

Apa saja jenis minuman itu? Berikut ini 3 minuman yang dapat atasi insomnia.

Suplemen melatonin

Melatonin merupakan hormon yang diproduksi di otak untuk memicu tidur. Penelitian yang dilakukan oleh Sleep Medicine Reviews menemukan bahwa melatonin yang dikonsumsi dalam bentuk suplemen bisa membuat seseorang tidur lebih cepat.

Produksi melatonin ini dipicu oleh tak adanya cahaya yang dapat mengatur jam biologis tubuh untuk memastikan tubuh lelah di malam hari. Peneliti juga menemukan melatonin dapat mengurangi gangguan malam hari dan meningkatkan kualitas tidur.

Suplemen melatonin ini bisa ditemukan di toko makanan kesehatan dan apotek. Namun perlu diingat bahwa sebaiknya konsultasikan lebih dulu ke dokter jika ingin mengonsumsi suplemen melatonin.

Susu hangat dan madu

Rupanya susu hangat dan madu dapat mengatasi insomnia. Menurut National Sleep Foundation, minuman ini mengandung triptofan, asam amino, dan karbohidrat yang bisa memicu tidur.

Triptofan dapat meningkatkan jumlah serotonin yaitu hormon yang bekerja sebagai obat penenang alami di otak. Sedangkan, karbohidrat yang terkandung dalam madu membantu mengirimkan serotonin ke otak lebih cepat.

Teh herbal

Sebuah penelitian oleh Monash University menemukan bahwa peserta yang minum secangkir teh herbal setiap malam dapat mengalami kualitas tidur.

Bahkan, pakar herbal pun merekomendasikan secangkir teh chamomile sebelum tidur karena teh tersebut mengandung flavonoid yang menenangkan.

Baca Juga: 3 Minuman Ini Dijamin Ampuh Atasi Gangguan Insomnia
5 Manfaat Yoghurt untuk Anak, Bisa Jadi Menu Makanan yang Menyenangkan

Tak hanya itu, meta-analisis dalam American Journal of Medicine menemukan efek positif dari bunga valerian. Jika bunga ini diseduh dalam bentuk teh atau kapsul, maka dapat memperbaiki kualitas tidur kita.

Kandungan dalam bunga valerian dapat memperpanjang waktu tidur, mengurangi bangun di malam hari, serta mengurangi efek menopause tidur.