Sering Makan Malam Sebelum Tidur? Hati-hati Ini Dampaknya bagi Kesehatan

Ilustrasi menu makan siang (Flickr)

Penulis: Triana, Editor: Dera - Jumat, 2 Desember 2022 | 21:30 WIB

Sariagri - Makan malam sebelum tidur mungkin kerap kamu lakukan ketika perut terasa lapar. Namun tahukah Sobat Agri, jika kebiasaan tersebut tidak baik bagi tubuh

Melansir dari healthline, makan malam terlalu larut atau mendekati waktu tidur bisa mendatangkan efek samping bagi kesehatan.

Sebenernya kamu diperbolehkan saja makan diwaktu malam, maksimal antara pukul 19:00 - 19:30 WIB. Hal ini dikarenakan untuk mencegah adanya penimbunan lemak tanpa mengubahnya menjadi energi.

Berikut sederet efek samping jika kamu makan malam terlalu larut.

Produktivitas Berkurang

Menurunnya produktivitas seseorang bisa disebabkan oleh makan malam mendekati waktu tidur. Terlebih lagi jika makanan yang dimakan tidak sehat sehingga memicu masalah fisik, seperti sulit fokus, susah berkonsentrasi, diare, dan sakit kepala.

Sindrom Metabolik

Makan malam sebelum tidur akan membuat kelebihan lemak di perut, gula darah naik, dan peningkatan kolesterol. Beragam penyakit metabolisme tubuh tersebut pada akhirnya akan memicu risiko diabetes tipe 2, stroke, hingga penyakit jantung.

Baca Juga: Sering Makan Malam Sebelum Tidur? Hati-hati Ini Dampaknya bagi Kesehatan
Dijamin Hemat, Ini Resep Salad Buah yang Sehat dan Menyegarkan

Asam Lambung Naik

Makan malam sebelum tidur tidak disarankan untuk penyandang sakit asam lambung atau GERD. Ini dikarenakan berbaring setelah makan malam akan menyebabkan isi lambung naik ke tenggorokan. Jika kamu memiliki GERD maka hindari makan malam terlalu larut setidaknya 3 jam sebelum tidur.

Gangguan Tidur

Jika makan malam sebelum tidur maka akan mengakibatkan gangguan tidur. Menurut penelitian makan malam sebelum tidur bisa memungkinkan risiko terkena gangguan tidur seperti sulit mendapat tidur berkualitas dan insomnia. Tak hanya itu, penelitian juga mengungkapkan jika tidak makan malam sebelum tidur atau mendekati jam tidur akan merasa lebih segar saat bangun pagi.