Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes, Peneliti Bikin Inovasi Tepung dari Ubi

Ilustrasi - Ubi kayu atau singkong. (Pixabay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 25 November 2022 | 18:15 WIB

Sariagri - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mendorong diversifikasi bahan pangan pokok demi menjaga ketahanan pangan nasional. Adapun produk yang diciptakan berupa tepung gluten-free yang terbuat dari ubi kayu, sehingga bisa dikonsumsi oleh pengidap diabetes.

“Umbi-umbian menjadi salah satu alternatif sebagai salah satu bahan makanan pokok. Karena, selain jenis dan ketersediannya yang banyak, komponen-komponen utama dari umbi-umbian ini adalah sebagai sumber karbohidrat. Sehingga umbi-umbian ini bisa jadi alternatif pengganti beras yang selama ini kita gunakan sebagai makanan pokok sehari-hari,” kata Peneliti Pusat Riset Teknologi dan Proses Pangan, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Yuniar Khasanah, dikutip dari laman Brin.go.id.

Yuniar menambahkan beras masih menjadi sumber karbohidrat utama bagi masyarakat Indonesia. Bahkan, masyarakat Indonesia dianggap belum makan apabila belum makan nasi. Namun, seperti yang kita ketahui bahwa lahan pertanian semakin menyempit.

Menurutnya, hal ini bisa menimbulkan kriris pangan apabila kita masih bergantung pada beras sebagai sumber makanan utama. Dalam mengantisipasi hal ini, masyarakat Indonesia diminta untuk mengurangi mengonsumsi beras dan beralih ke sumber karbohidrat lain, seperti ketela pohon, ketela rambat, dan umbi-umbian lainnya.

Di tengah ancaman krisis pangan, Yuniar mendorong masyarakat melakukan diversifikasi produk olahan makanan berbahan ubi kayu. Dengan tingginya konsumsi masyarakat Indonesia, maka diversifikasi pangan berbahan ubi kayu bisa mengurangi konsumsi beras dan terigu serta membatasi impor. Ubi kayu juga memiliki beberapa keunggulan pada segi komposisi gizi dan proses budidaya yang tidak terlalu susah jika dibandingkan dengan beras.

Yuniar mengaku bahwa ia dan pihaknya melakukan riset terhadap umbi-umbian dalam pengembangan pangan fungsional. Artinya, produk makanan tidak hanya enak untuk dimakan, tetapi juga makanan yang aman bagi kesehatan terutama bagi para pengidap diabetes.

Baca Juga: Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes, Peneliti Bikin Inovasi Tepung dari Ubi
Badan Pangan Nasional Minta Lampung Kelola Ubi Kayu Jadi Bahan Pangan

“Saat kita melakukan diversifikasi dari ubi kayu, kita juga melihat potensi dari produk olahan dari ubi kayu apakah punya manfaat terhadap kesehatan atau tidak. Yang selama ini kami kembangkan adalah melihat potensi dari ubi kayu, umbi-umbian lain dan produknya terhadap potensi anti-diabetes,” ungkapnya.

Yuniar juga menyebutkan salah satu hasil inovasi BRIN dari umbi, yaitu mocaf. Mocaf merupakan tepung gluten-free yang terbuat dari ubi kayu, sehingga bisa dikonsumsi oleh pengidap diabetes. Ia mengatakan bahwa mocaf sudah mulai dijadikan sebagai produk unggulan oleh beberapa industri makanan. 

Video Terkait