Ini 7 Makanan Vegetarian yang Pastinya Sehat dan Tak Kalah Lezat

Ilustrasi sate jamur untuk vegetarian (Pxhere)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Sabtu, 26 November 2022 | 06:00 WIB

Sariagri - Di kehidupan saat ini, sudah banyak orang yang mulai menerapkan gaya hidup sehat. Salah satunya dengan menjadi vegetarian. Hal ini dilakukan karena menganggap menu makanan vegetarian lebih sehat untuk tubuh dan mampu menurunkan berat badan dengan efektif.

Meski dianggap terasa hambar, namun faktanya ada menu makanan vegetarian yang tak kalah lezat. Varian menunya pun sangat beragam sehingga bisa dikonsumsi sebagai makanan sehari-hari. Lantas makanan apa saja yang bisa dikonsumsi? Berikut penjelasannya.

Menu makanan vegetarian yang sehat dan lezat

1. Sapo tahu

Sapo tahu merupakan salah satu chinese food yang sangat populer di Indonesia. Disebut demikian sebab makanan ini memang berasal dari Negeri Tirai Bambu, Tiongkok. Bahan utama makanan ini terdiri dari tofu, sayuran, dan bumbu rempah.

Soal rasa jangan diragukan lagi, karena sudah pasti enak dan gurih. Dijamin makanan vegetarian ini sangat menyehatkan badan.

2. Gado-gado

Gado-gado adalah makanan khas dari Indonesia yang sangat identik dengan bumbu kacang. Bagi kamu yang menjalani gaya hidup vegetarian, makanan ini patut dicoba. Apalagi untuk mendapatkannya sangat mudah karena sudah banyak yang menjualnya.

Namun, agar lebih sehat tak ada salahnya kamu membuat gado-gado sendiri di rumah. Bahan-bahan yang diperlukan hanya terdiri dari berbagai macam sayuran seperti kangkung, wortel, kentang, labu kemudian tak lupa disiram dengan bumbu kacang.

3. Ketoprak

Sama seperti gado-gado, makanan ini juga khas dengan bumbu kacang sebagai sausnya. Sebab makanan khas Betawi ini masih satu keluarga dengan gado-gado. Peminat ketoprak pun sangat banyak, tak heran jika makanan ini ramai diperjualbelikan.

Makanan ini bisa menjadi menu vegetarian sehari-hari agar kamu tak bosan dengan menu yang itu-itu saja. Bahan-bahannya meliputi tauge, lontong, tahu, dan bihun.

4. Urap

Urap adalah makanan khas dari Indonesia. Makanan ini terdiri dari sayuran untuk bahan utamanya seperti toge, kacang panjang, dan daun singkong. Kemudian semua sayuran tersebut direbus dan terakhir dicampur dengan kelapa parut.

Rasanya tentu sangat enak, bisa dimakan langsung atau dijadikan lauk dengan menambahkan nasi hangat.

5. Sate jamur

Jamur memang menjadi salah satu sumber protein bagi vegetarian. Jamur bisa diolah menjadi berbagai macam menu, salah satunya yaitu sate jamur.

Meski bukan daging, uniknya tekstur jamur mirip seperti daging ayam. Kamu bisa menikmati sate ini dengan tambahan saus kacang ataupun kecap.

6. Sup krim jagung

Variasi menu vegetarian lainnya adalah sup krim jagung. Selain menyehatkan, rasa makanan ini juga tak kalah enak dan gurih. Dilansir dari Medical News Today, jagung mengandung banyak serat yang membuatnya baik untuk kesehatan pencernaan.

Baca Juga: Ini 7 Makanan Vegetarian yang Pastinya Sehat dan Tak Kalah Lezat
Diet Sehat Ternyata Bisa Bantu Pria Muda Melawan Depresi

7. Pepes tahu

Pepes tahu merupakan makanan khas dari tanah Sunda. Makanan ini juga bisa kamu konsumsi sehari-hari sebagai menu vegetarian yang menyehatkan. Bahan utama untuk membuat pepes tahu tak lain adalah tahu itu sendiri.

Kemudian tahu dicampurkan dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah. Lalu adonan tahu ini dibungkus dengan menggunakan daun pisang sebelum akhirnya dimasak dengan cara dikukus.