Dianggap Dekat dengan Darah Tinggi, Ini Lho Manfaat Santan untuk Kesehatan

Ilustrasi Makanan Bersantan (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 25 November 2022 | 14:45 WIB

Sariagri - Santan seringkali kita jumpai pada makanan khas Indonesia. Misalnya saja, rendang, opor ayam, gulai, dan masih banyak lagi.

Santan sendiri merupakan cairan yang dihasilkan dari perasan daging kelapa tua. Menambahkannya ke dalam makanan akan memberikan rasa yang gurih dan aroma yang wangi.

Dilansir dari Healthline, santan mengandung kalori, lemak, protein, serat, karbohidrat, vitamin C, folat, besi, magnesium, kalium, tembaga, mangan, dan selenium.

Manfaat santan untuk kesehatan Dengan berbagai kandungannya, santan juga berpotensi memiliki manfaat untuk kesehatan, yakni:

1. Melawan virus dan bakteri

Studi tabung menunjukkan bahwa asam laurat dapat mengurangi tingkat virus dan bakteri yang menyebabkan infeksi, termasuk yang ada di mulut.

2. Mengurangi peradangan

Penelitian yang pernah dilakukan menunjukkan bahwa ekstrak kelapa dan minyak kelapa mampu mengurangi peradangan dan pembengkakan.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kelapa mengandung asam laurat yang banyak dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Beberapa temuan menunjukkan bahwa asam laurat memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi.

Baca Juga: Dianggap Dekat dengan Darah Tinggi, Ini Lho Manfaat Santan untuk Kesehatan
Benarkah Susu Bisa Menggantikan Peran Santan Dalam Masakan?

Penelitian lain menemukan, asam laurat dapat memicu apoptosis, kematian sel pada sel kanker payudara dan endometrium. Asam laurat menghambat pertumbuhan sel kanker dengan merangsang protein reseptor tertentu yang mengatur pertumbuhan sel.

4. Mengurangi ukuran tukak lambung

Dalam sebuah penelitian, santan dapat mengurangi ukuran tukak lambung hingga 54 persen, yang sebanding dengan efek obat anti-tukak.

Video Terkait