Tips Mengolah Burung Puyuh agar Dagingnya Tidak Mudah Alot

Ilustrasi burung puyuh goreng (Istimewa)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Jumat, 25 November 2022 | 22:00 WIB

Sariagri - Burung puyuh adalah salah satu jenis unggas yang berukuran kecil. Meski begitu, burung ini kerap dijadikan sebagai bahan pangan dan sumber protein dalam makanan sehari-hari.

Burung puyuh bisa diolah menjadi berbagai macam masakan, mulai dari puyuh goreng, puyuh bakar, puyuh gulai dan puyuh balado. Namun sayangnya, mengolah burung puyuh punya kesulitan tersendiri, sebab panganan ini dinilai mudah alot.

Tips mengolah burung puyuh agar tidak alot

Penting untuk diketahui, proses memasak burung puyuh sebaiknya menggunakan temperature panas atau dipresto terlebih dahulu sebelum nantinya diolah menjadi masakan kesukaan. Tujuannya agar daging puyuh tidak mudah alot.

Selain itu, ada beberapa tips yang harus diperhatikan ketika ingin mengolah burung puyuh, yaitu:

1. Memilih burung puyuh yang bagus

Ciri burung puyuh yang bagus dapat dilihat dari bentuk dagingnya yang berukuran besar, padat, tidak cacat, dan kulitnya berwarna krem atau kuning.

Namun jika kamu membeli burung puyuh dalam kondisi masih hidup, disarankan untuk memilih burung puyuh organik atau puyuh kampung yang dipelihara secara alami dan tradisional.

2. Memasak burung puyuh

Sebelum diolah menjadi berbagai macam menu, cuci burung puyuh terlebih dahulu. Jika sudah bersihkan dan keringkan bagian luar dan dalam burung puyuh menggunakan tisu dapur.

Burung ini memiliki jenis daging yang kering dan tipis, oleh karena itu kamu bisa menambahkan bumbu berupa garam dan merica pada bagian dalam daging puyuh. Jika ingin menambahkan cita rasa pada daging, jangan lupa ketika dimasak, tambahkan beberapa buah berjus seperti plum ke dalam rongga puyuh.

Baca Juga: Tips Mengolah Burung Puyuh agar Dagingnya Tidak Mudah Alot
Gawat Nih! Simpan Telur di Kulkas Dinilai Tak Sehat

Kemudian, ikat kaki puyuh dengan menggunakan tali lalu olesi mentega cair atau minyak pada bagian luar daging puyuh agar daging tidak semakin kering.

Setelah itu, puyuh pun dapat dimasak dengan cara dipanggang. Masukkan puyuh ke dalam oven dan panggang selama 20 menit. Selain dioven, puyuh juga bisa dibakar menggunakan grill selama 15 hingga 20 menit sembari dibolak balik.

Video Terkait