Wajib Tahu, Ini Efek Samping Konsumsi Teh Chamomile Secara Berlebihan

Ilustrasi teh chamomile (Pxhere)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Kamis, 24 November 2022 | 22:00 WIB

Sariagri - Bunga chamomile adalah tanaman yang masih termasuk keluarga bunga aster dan kaya manfaat. Kelopak bunga ini sering dijadikan sebagai bahan utama dalam pembuatan teh herbal.

Teh dari bunga chamomile ini diketahui mengandung antioksidan, flavonoid, dan terpenoid yang baik untuk kesehatan. Bahkan aroma dari bunga ini diyakini mampu menenangkan pikiran, mengatasi kecemasan, membantu tidur, dan melancarkan pencernaan.

Meski secara umum teh chamomile aman dikonsumsi, namun sebaiknya teh ini tidak diminum secara berlebihan. Alasannya karena minuman herbal ini bisa menimbulkan efek samping yang justru merugikan kesehatan.

Efek samping konsumsi teh chamomile berlebihan

Berikut ini beberapa efek samping yang bisa terjadi akibat terlalu banyak konsumsi teh chamomile, yaitu:

1. Mual dan Muntah

Salah satu efek samping yang ditimbulkan jika terlalu banyak minum teh chamomile bisa menimbulkan rasa mual dan muntah.

2. Timbul Reaksi Alergi

Selain mual dan muntah, minum teh chamomile berlebihan juga dapat menimbulkan alergi bagi sebagian orang. Ketika seseorang mengalami alergi akibat bunga chamomile, reaksi serius yang ditimbulkan bisa muncul ruam kulit hingga anafilaksis.

Bahkan parahnya lagi, alergi ini bisa mengakibatkan pembengkakan pada tenggorokan dan sesak napas.

3. Berinteraksi dengan Obat-obatan

Perlu diketahui, minuman herbal seperti teh chamomile bisa berinteraksi dengan jenis obat-obatan lain. Sebaiknya hindari mengonsumsi teh chamomile bersamaan dengan obat pengencer darah, seperti warfarin, heparin, clopidogrel, ticlopidine atau pentoxifylline.

Hal ini dikarenakan bunga chamomile mengandung senyawa pengencer darah alami, sehingga bisa meningkatkan risiko perdarahan internal bila diminum bersama obat pengencer darah.

Bahkan jika sedang mengonsumsi benzodiazepine, barbiturate, obat golongan narkotika, obat anti-kejang, beberapa antidepresan, dan alkohol, teh chamomile juga bisa menyebabkan rasa kantuk yang luar biasa.

Sementara bagi seseorang yang sedang mengonsumsi obat pengontrol gula darah atau tekanan darah, teh chamomile justru berpotensi menurunkannya terlalu rendah. Minuman herbal ini bisa dapat mengganggu efektivitas terapi hormon.

4. Membuat Kantuk

Jika diminum secara berlebihan, teh chamomile bisa menimbulkan efek mengantuk. Hal ini tentu bisa membahayakan jika kamu sedang mengendarai kendaraan.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini Efek Samping Konsumsi Teh Chamomile Secara Berlebihan
Ophiopogon Japonicus, Tanaman Hias yang Berfungsi Jadi Tanaman Herbal

Oleh karena itu, sebaiknya teh chamomile tidak dikonsumsi terlalu banyak. Menurut beberapa penelitian mengatakan, sebaiknya tidak mengonsumsi minuman ini lebih dari 4 cangkir teh setiap harinya.

Selain itu, teh chamomile juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui, sebab belum diketahui keamanan jangka panjangnya.

Video Terkait