5 Daftar Menu Kuliner Khas Kota Udang yang Wajib Dicoba

Ilustrasi empal gentong (Istimewa)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 24 November 2022 | 13:30 WIB

Sariagri - Cirebon adalah kota yang berada di pinggir laut. Daerah ini memiliki banyak kekayaan akan peninggalan kesultanan. Selain dijadikan tempat wisata, Cirebon ternyata juga menjadi sasaran kuliner para pelancong.

Jika kamu mengunjungi kota ini, tak ada salahnya untuk mencicipi berbagai macam makanan khas daerah sini. Dijamin lidah kamu akan dimanjakan dengan cita rasa yang begitu nikmat. Lantas apa saja daftar makanan tersebut, simak ulasannya berikut:

Makanan khas Cirebon yang populer

1. Empal gentong

Kuliner yang wajib dicoba pertama adalah empal gentong. Sekilas makanan khas ini terlihat seperti soto campur, namun dengan rasa yang berbeda.

Makanan ini dibuat dengan bahan dasar daging dan jeroan sapi yang terdiri dari usus, dengkil, babat. Semua bahan ini kemudian direbus dengan mencampurkan berbagai macam bumbu dan santan.

Bumbunya sendiri kaya akan rempah, yaitu daun salam, lengkuas, cengkeh, kayu manis, kapulaga. Kemudian masakan ini di aduk sampai matang dan daging benar-benar empuk. Uniknya, proses memasak empal gentong ini masih menggunakan cara tradisional, yaitu kayu bakar.

Jenis makanan ini terdiri dari dua jenis, yaitu empal gentong biasa dan empal gentong asam. Letak perbedaannya hanya dari penambahan belimbing wuluh yang membuat rasa empal gentong menjadi m asam.

2. Docang

Daftar kuliner selanjutnya adalah Docang. Makanan khas ini sudah ada sejak zaman Wali Songo dan disebut-sebut sebagai makanan kesukaan para wali.

Makanan ini menggunakan bahan dasar berupa lontong yang dicampur menjadi satu dengan singkong, parutan kelapa, toge, bungkil kacang tanah, ampas tahu, daun kucai dan kerupuk.

Meski terlihat mirip dengan lontong biasa, namun docang memiliki keunikan tersendiri sebab pada sambalnya ditambahkan oncom untuk menambah cita rasa.

3. Nasi jamblang

Makanan khas berikutnya adalah nasi jamblang, yang terdiri dari nasi dan lauk pauk. Keunikan makanan ini karena masih sangat tradisional dengan dibungkus menggunakan daun jati. Proses pembungkusan ini membuatnya menjadi lebih beraroma.

4. Nasi lengko

Nasi lengko atau juga dikenal dengan nama sego lengko adalah kuliner khas Cirebon yang juga patut dicoba. Nasi ini hadir dengan campuran berbagai lauk seperti tempe, tahu, toge rebus. Kemudian nasi ini diberi kuah kacang dan ditaburi daun kucai.

Menurut sejarah, nasi ini sebenarnya adalah makanan untuk rakyat biasa karena dari bahan dasarnya sangat sederhana dan murah tanpa menggunakan daging. Meski begitu, makanan khas ini mengandung banyak serat dan protein nabati.

Baca Juga: 5 Daftar Menu Kuliner Khas Kota Udang yang Wajib Dicoba
Kisah Sukses Sego Berkat Bu Murni yang Viral di Dunia Maya, Modal Awal Rp200 Ribu

5. Nasi langgi

Daftar makanan khas Cirebon lainnya ada juga nasi langgi. Menu ini merupakan olahan nasi yang dicampur dengan berbagai macam rempah-rempah, santan dan tak lupa asam jawa.

Dalam sajian ini kamu akan menemukan nasi yang dipadukan dengan telur dadar atau ceplok, kentang, daging serundeng dan kerupuk. Rasanya tak usah diragukan lagi, karena sudah tentu bikin lidah bergoyang.

Video Terkait