Pepes Ikan Bandeng Gresik Pecahkan Rekor MURI Sepanjang 1,4 Km

Pepes Ikan Bandeng Gresik pecahkan rekor MURI sepanjang 1,4 Km. (Sariagri/Arief L)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 23 November 2022 | 17:15 WIB

Sariagri - Pepes bandeng kuliner terbungkus daun pisang khas Kabupaten Gresik, berhasil catatkan rekor di Museum Rekor Indonesia (Muri) kategori terpanjang. Pemecahan rekor sepanjang 1,4 kilometer ini dilakukan para chef Aston Inn hotel Kabupaten Gresik, dengan mengolah bahan sebanyak 9.500 ekor ikan bandeng dari petani tambak di Gresik.

Jumlah ini mengalahkan rekor muri sebelumnya, yang dipegang Kabupaten Tangerang Selatan yang menyajikan kuliner tradisional terbungkus daun pisang, hanya 6.000 ekor ikan bandeng.

General manager Aston Inn, Paraminta Nugraha mengatakan, pemecahan rekor muri ini tidak sekedar mendapatkan penghargaan, tetapi juga sebagai wujud kepedulian pelaku usaha mempopulerkan gresik sebagai produsen ikan bandeng terbesar di Indonesia. 

“Pecah rekor muri ini sebagai upaya mempopulerkan Gresik sebagai produsen bandeng terbesar di Indonesia, sekaligus menjaga kelestarian kuliner tradisional. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai langkah mendorong peningkatan perekonomian para petani tambak ikan bandeng di daerah khususnya wilayah Gresik,” tutur Paraminta Nugraha kepada Sariagri.

Paraminta menambahkan dalam even ini, pihaknya melakukan persiapan selama 3 bulan, dimulai dari pembelian ikan bandeng ke petani tambak, proses pengolahan hingga menjaga kebersihannya.

“Usaha persiapan 3 bulan dan kerja keras ini membuahkan hasil membanggakan bagi kami dan warga Gresik. Selanjutnya pepes bandeng sebanyak 9.500 ekor ini, kami bagikan kepada masyarakat sekitar dan warga lain yang membutuhkan,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani, mengapresiasi kreatifitas pelaku usaha, yang turut berpartisipasi mempopulerkan kearifan lokal Gresik ke pentas nasional.

“Harapannya Gresik tidak hanya dikenal dengan potensi Bandeng secara nasional namun juga mendapat pengakuan dunia. Saya mengapresiasi terima kasih kepada semua pihak, terutama petani tambak bandeng yang telah mensupport acara ini. luar biasa, kami juga punya yang namanya festival tahunan pasar bandeng kawak sebagai upaya mengenalkan potensi daerah disini,” beber Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani.

Baca Juga: Pepes Ikan Bandeng Gresik Pecahkan Rekor MURI Sepanjang 1,4 Km
Daftar Makanan untuk Mencegah Flu Ketika Musim Hujan

Kegiatan ini, lanjutnya, diharapkan bisa menginspirasi pelaku usaha lain, agar turut berpartisipasi memajukan Kabupaten Gresik sekaligus meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran warga Gresik.

“Saya berharap, gerakan nyata ini menjadi inspirasi pelaku usaha lain  untuk mempopulerkan Gresik sebagai produsen bandeng serta mengajak masyarakat gemar konsumsi ikan, khususnya ikan bandeng,” pungkasnya. 

Video Terkait