Tips Hilangkan Lendir yang Ada pada Daging Ayam

Ilustrasi Daging ayam. (Pixabay/Manfred Richter)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 23 November 2022 | 17:00 WIB

Sariagri - Daging ayam merupakan salah satu bahan makanan yang dapat diolah menjadi berbagai jenis hidangan. Mulai dari camilan hingga menu berat.

Jika bosan dengan ayam yang digoreng, sesekali kamu bisa mengolahnya dengan cara yang lain. Ayam sendiri bisa dimasak dengan teknik kukus, bakar, hingga dibikin pepes.

Namun sebelum mengolahnya menjadi beragam hidangan, kamu perlu membersihkan ayam terlebih dahulu. Meskipun terbilang mudah, namun masih banyak orang yang asal-asalan saat membersihkan ayam.

Jika ayam tidak dibersihkan dengan benar, alhasil masih terdapat lendir dan bau amis. Apabila masih berlendir, bumbu masakan tidak akan meresap secara sempurna pada daging ayam.

Ada cara simpel membersihkan daging ayam dari lendir dan bau amis. Bahkan bisa pula terbebas dari kotoran seperti darah. Caranya, potong ayam terlebih dahulu menjadi bagian-bagian kecil. Hal ini untuk memudahkan saat mencuci.

Jika sudah, masukkan potongan ayam ke wadah. Untuk ukuran satu ayam, tambahkan empat sendok makan cuka serta garam secukupnya. Aduk hingga rata. Tambahkan satu cup tepung terigu. Aduk kembali hingga seluruh permukaan ayam terbalut sempurna.

Pemberian cuka dapur berfungsi mengurangi aroma amis ayam. Tambahan tepung terigu bertujuan untuk membuat daging ayam menjadi kesat dan tidak berlendir.

Baca Juga: Tips Hilangkan Lendir yang Ada pada Daging Ayam
Tips Menggoreng Dendeng Sapi Agar Empuk dan Tidak Alot

Diamkan selama tujuh hingga sepuluh menit tanpa perlu ditutup. Langkah selanjutnya, cuci daging ayam di bawah air mengalir.

Pastikan cuci sampai bersih, tidak ada lagi sisa tepung terigu, cuka dapur, dan garam menempel. Potong daging ayam sesuai kebutuhan, bisa pula langsung diolah sesuai selera.