Tips Anti Ribet Merebus Kacang Hijau, Dijamin Enak

Ilustrasi kolak kacang hijau (Freepik)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 25 November 2022 | 20:15 WIB

Sariagri - Kacang hijau umumnya diolah jadi hidangan bubur. Di samping itu, makanan satu ini juga sering jadi bahan pengobatan tradisional. Pasalnya, manfaat kacang satu ini banyak sekali untuk kesehatan.

Kacang hijau yang kita tahu biasanya diolah menjadi bubur. Selain rasanya yang nikmat, bubur kacang hijau memiliki banyak manfaat. Hal itu karena kandungan yang ada di dalamnya.

Menurut artikel dari healthline, kacang hijau tinggi nutrisi, seperti antioksidan yang bisa menangkal penyakit kronis serta masih banyak lagi manfaat lainnya.

Karena teksturnya yang keras pada saat masih mentah, jadi banyak orang yang merendamnya terlebih dahulu sebelum kacang hijau direbus. Hal ini lantaran agar waktu merebusnya menjadi lebih singkat.

Padahal tanpa direndam dulu pun kacang hijau bisa direbus secara praktis. Walaupun tanpa direndam, hasil kacang hijau nantinya tetap lembut dan merekah.

Pertama-tama, siapkan panci berisi air terlebih dahulu di atas kompor. Panaskan air dengan api sedang sambil ditutup. Nah, selagi menunggu air mendidih, cuci semua kacang hijau yang ingin direbus sampai bersih terlebih dahulu.

Setelah air mendidih, bisa langsung masukkan kacang hijau yang sudah dicuci. Rebus kacang hijau dalam keadaan panci tertutup.

Baca Juga: Tips Anti Ribet Merebus Kacang Hijau, Dijamin Enak
Biar Nutrisinya Tidak Rusak, Begini Cara Merebus Edamame

Kunci merebus kacang hijau ini bisa disebut dengan metode 5:30:7. Semula, cukup rebus selama lima menit saja dan pastikan pancinya tak dibuka tutup selagi direbus. Setelah lima menit, matikan api dan diamkan kacang hijau di dalam panci tertutup selama 30 menit.

Lalu, diamkan selama 30 menit, rebus kembali kacang hijau selama tujuh menit. Nantinya, kacang hijau akan merekah dan sisa kulit yang terkumpul di tengah bisa disisihkan dari panci. Kemudian, kacang hijau bisa lanjut dimasak jadi hidangan favorit.

Video Terkait