Tips Menyimpan Kelapa Parut Agar Bisa Tahan Lama

Ilustrasi kelapa parut. (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 25 November 2022 | 23:00 WIB

Sariagri - Kelapa parut bisa diolah langsung menjadi hidangan lezat, bisa pula diambil sari atau santannya untuk campuran masakan.

Banyak sekali makanan khas Indonesia yang dibuat menggunakan kelapa parut. Seperti contoh klepon, kue putu, dadar gulung, urap, serundeng, dan masih banyak lainnya.

Meski olahan kelapa parut kemasan sudah banyak dijual di pasaran, tapi tak sedikit yang membelinya masih dalam bentuk kelapa bulat. Selain karena rasa dan aromanya lebih nikmat, kelapa parut murni tanpa proses pengolahan juga jauh lebih sehat.

Dilansir dari healthyeating, kelapa parut sangat bermanfaat untuk meningkatkan energi dan mencegah tubuh dari berbagai penyakit.

Namun, kelapa parut yang murni ini memang cenderung mudah basi jika tidak disimpan dengan tepat. Jika ingin disimpan dalam waktu lama, penting untuk meletakkannya di dalam wadah tertutup sebelum ditaruh di kulkas.

Tetapi, tak banyak yang tahu kalau kelapa parut bisa bertahan cukup lama, sekitar 12 jam meski tak dimasukkan kulkas. Padahal, umumnya kelapa parut yang didiamkan beberapa jam saja di suhu ruang, rasa dan warnanya mudah berubah.

Solusinya cukup mudah dan kamu bisa menconteknya. Pertama-tama, kelapa parut harus ditaruh di toples lalu ditutup rapat. Setelah itu, taburi dengan garam halus secukupnya.

Aduk agar garam tersebut hingga tercampur rata dengan kelapa parut. Garam inilah yang dapat membantu kelapa parut tetap awet meski tidak disimpan di kulkas.

Baca Juga: Tips Menyimpan Kelapa Parut Agar Bisa Tahan Lama
Benarkah Susu Bisa Menggantikan Peran Santan Dalam Masakan?

Usai semua bahan tercampur rata, toples bisa langsung ditutup. Letakkan toples berisi kelapa parut di suhu ruang yang jauh dari sinar matahari.

Dilansir dari NCBI, garam bisa bikin kelapa parut awet karena dapat mengurangi aktivitas keluarnya air dari bahan makanan. Dengan begitu, pertumbuhan mikroba dan reaksi kimia yang bikin kelapa parut basi tidak cepat muncul.

Video Terkait