Ini Manfaat Tempe Busuk Lengkap dengan Cara Membuatnya

Ilustrasi tempe busuk (Istimewa)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 22 November 2022 | 06:00 WIB

Sariagri - Mendengar nama tempe busuk, memang terdengar tidak mengenakkan. Namun sebenarnya, tempe ini tidak sesuai dengan namanya. Pada dasarnya tempe busuk bukan merupakan tempe yang sudah basi atau gagal.

Tempe busuk disini merupakan tempe segar yang sama-sama melalui proses fermentasi. Namun waktu fermentasinya lebih panjang dibanding tempe pada umumnya.

Biasanya proses ini berlangsung selama 1-3 hari lebih lama daripada tempe biasa. Hal inilah yang membuat tempe ini terkesan menjadi busuk.

Meski namanya tempe busuk, sebenarnya tempe ini tidak berbahaya jika dikonsumsi. Kandungan nutrisi pada tempe ini juga relatif baik. Namun yang harus dipastikan adalah proses fermentasi ini tidak terjadi lebih lama lagi.

Ini Manfaat tempe busuk

1. Bumbu masakan

Biasanya jenis tempe ini banyak dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Beberapa masakan yang seringkali menggunakan tempe busuk sebagai bahan campuran yaitu sayur lodeh, gudek, oblok-oblok, urap, botok, dan beberapa makanan lainnya.

Menambahkan tempe ini dianggap bisa menambah cita rasa pada masakan sehingga menjadi lebih sedap dan merangsang nafsu makan.

2. Jamu menambah nafsu makan

Selain bumbu masakan, tempe busuk juga kerap dijadikan sebagai bahan pembuatan jamu untuk menambah nafsu makan. Caranya cukup diolah dengan air perasa temu ireng, lalu direbus dengan gula merah.

3. Jamu hewan ternak

Manfaat lain dari tempe busuk juga bisa dimanfaatkan sebagai jamu untuk hewan ternak seperti sapi, kerbau, dan kuda. Jamu ini diberikan untuk meningkatkan daya tahan tubuh pada hewan ternak yang sering digunakan untuk melakukan pekerjaan yang berat.

Caranya yaitu dengan mencapur 200 gram tempe busuk bersama 200 gram temu ireng, 20 gram asam, satu gelas kecap, dan segenggam garam. Parut temu ireng dan berikan sedikit air, lalu peras.

Tumbuk tempe, asam, dan garam sampai halus dan aduk merata bersama kecap dan air perasa temu ireng. Jika sudah tercampur rata, berikan ramuan ini pada sore hari pada saat ternak sedang istirahat.

Jamu ini bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan dan menjadi sumber tenaga bagi hewan ternak. Bahkan konsumsi jamu ini juga bermanfaat mengeluarkan cacing di dalam saluran pencernaan ternak.

Baca Juga: Ini Manfaat Tempe Busuk Lengkap dengan Cara Membuatnya
Mana yang Lebih Baik, Tempe Bungkus Daun Pisang atau Plastik?

Cara membuat tempe busuk

Dalam membuat tempe ini sebenarnya sangatlah mudah. Bahkan kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahan yang dibutuhkan juga tidak sulit sebab untuk membuatnya, bahan utama yang dibutuhkan hanyalah tempe segar.

Cara membuatnya:

1. Siapkan dua potong tempe seberat 200 gram.
2. Larutkan dua sendok makan garam dan air bersih.
3. Jumlah air yang diberikan harus cukup membasahi seluruh bagian tempe segar.
4. Setelah dilakukan proses penggaraman, bungkus tempe dengan daun pisang dan tanak selama 5-10 menit.
5. Angkat tempe dan bungkus kembali dengan kain, lalu biarkan selama 48 jam.
6. Tempe busuk pun sudah jadi dan siap digunakan