Begini Cara Anti Ribet Usir Lalat Buah yang Mengganggu

Lalat buah sayap berbintik. (Sariagri/phys.org)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 28 November 2022 | 20:30 WIB

Sariagri - Buah yang matang dan dibiarkan di tempat terbuka berpotensi dihinggapi lalat. Jika sudah begini, buah juga jadi tidak layak dikonsumsi.

Keberadaan hewan kecil ini bukan hanya mengganggu pemandangan tapi juga bisa mengganggu kesehatan. Lalat buah ini bisa muncul di dapur atau tempat sampah dan sangat tertarik pada buah atau sayur yang matang dan busuk, misalnya pisang, melon, tomat, labu, apel, bawang, dan kentang.

Jika sudah hinggap lalat juga akan membawa organisme penyebab penyakit, seperti Salmonella dan E.coli, saat merangkak dan makan.

Beberapa penyakit yang dapat ditularkan oleh lalat buah seperti antara lain diare, disentri, tipus, kolera, trakoma, poliomielitis, difteri kulit, mikosis, dan kusta.

Nah, berikut ini beberapa cara mengusir lalat buah yang dilakukan di rumah:

1. Temukan sumbernya

Cari tahu dari mana lalat buah berasal. Kalau lalat berkumpul di sekitar makanan terbuka, buang makanan dan bersihkan area tersebut sampai benar-benar bersih. Jika perlu gunakan cairan pembersih khusus.

2. Bersihkan tempat lalat berkumpul

Begitu sumber masalah ketemu, periksa juga saluran pembuangan di wastafel dapur. Bersihkan dari semua kotoran karena lalat buah senang bertelur di area yang hangat dan lembab. Periksa juga tempat sampah dan bersihkan.

3. Jebak dengan buah busuk

Jika lalat masih berkeliaran, coba deh pasang jebakan menggunakan buah busuk. Letakkan buah tersebut di dalam wadah sekali pakai, kemudian biarkan lalat menghampiri buah tersebut. Begitu lalat hinggap pada buah, segera tutup wadah dan buang.

4. Gunakan larutan cuka sebagai jebakan

Kamu juga bisa mencoba menjebak lalat buah dengan larutan cuka. Caranya mudah, kamu hanya perlu mengisi wadah dengan air. Kemudian, tambahkan beberapa sendok makan cuka dan gula ke dalam air, aduk hingga tercampur.

Baca Juga: Begini Cara Anti Ribet Usir Lalat Buah yang Mengganggu
Tips Ini 3 Cara Sederhana Usir Lalat Buah Tanpa Ribet

Tambahkan beberapa tetes sabun pencuci piring ke dalam larutan tersebut dan aduk kembali. Setelah tercampur, letakkan wadah tersebut di tempat lalat buah berkumpul. Lalat akan tertarik dan tenggelam saat menyentuh air.

5. Gunakan semprotan serangga

Ini merupakan cara yang paling praktis, kamu bisa gunakan semprotan anti-lalat. Namun, kamu harus berhati-hati karena biasanya produk semacam ini mengandung bahan kimia beracun. Pastikan juga kamu menjauhkannya dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.