Wajib Tahu! Jenis Sayur Ini Tak Disarankan Dikonsumsi Secara Mentah

Ilustrasi - Buncis. (Piqsels)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 21 November 2022 | 09:00 WIB

Sariagri - Sayuran merupakan makanan penuh serat dan nutrisi, tak heran jika kita wajib untuk dikonsumsi setiap hari. Selain itu, sayuran juga efektif menyembuhkan berbagai penyakit secara efektif dan alami tanpa efek samping.

Meskipun beberapa jenis sayuran terasa nikmat dan segar bila dimakan dalam kondisi mentah, namun beberapa ahli gizi mengatakan tak semua sayuran baik untuk dikonsumsi dalam kondisi mentah.

Mengutip dari 247wallst, para ahli gizi mengungkapkan setidaknya ada beberapa jenis sayuran yang sebaiknya dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Berikut ulasannya.

1. Terong

Terong diketahui mengandung solanine, senyawa steroid yang terasa pahit. Pada dasarnya, mengonsumsi solanine dalam jumlah yang banyak bisa memicu mual, pening, dan masalah kesehatan lain.

Konsumsi solanine dalam dosis yang amat tinggi juga bisa menjadi fatal. Oleh karena itu, sangat penting untuk memasak terong terlebih dahulu untuk menurunkan kandungan solanine dalam terong. Terlepas dari itu, terong yang sudah dimasak juga sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan.

2. Kentang

Kentang harus dihindari untuk dikonsumsi dalam kondisi mentah. Hal ini karena mengandung senyawa beracun yang disebut solanine zat yang sama yang ada pada terong.

Selain itu, kentang mengandung karbohidrat yang sulit untuk dicerna, dan bisa menyebabkan masalah pencernaan, seperti perut kembung.

Secara umum, proses memasak seperti merebus atau menggoreng kentang bisa menurunkan kadar solanine sehingga aman untuk dinikmati.

3. Buncis

Buncis diketahui kaya akan kandungan vitamin A, C, dan K. Akan tetapi buncis mengandung lektin, protein yang bersifat antijamur dan insektisida alami untuk tanaman.

Kandungan ini bisa membatasi kemampuan tubuh dalam menyerap vitamin dan mineral, serta bisa memicu masalah pencernaan dan menyebabkan mual, muntah, kembung, bahkan diare.

Konsumsi beberapa buncis dalam kondisi mentah tidak menjadi masalah. Namun, perlu diketahui bahwa buncis yang mentah sedikit beracun. Proses memasak bisa mengurangi kandungan lectin dan aman untuk dikonsumsi.

4. Bayam

Bayam menjadi sayuran yang kaya akan kalsium, magnesium dan zat besi yang memiliki kandungan antioksidan. Namun, seringkali bayam dikonsumsi dalam kondisi mentah sebagai campuran salad.

Padahal, jika bayam mentah dikonsumsi dalam jumlah yang cukup banyak akan memicu keracunan. Hal ini karena kandungan asam oksalat yang dapat membatasi penyerapan kalsium di tubuh dan mendorong terjadinya pembentukan batu ginjal.

Masalah lainnya, adanya risiko kontaminasi karena daun bayam mentah rentan untuk terkontaminasi ecoli atau bakteri lain. Tetapi bakteri ini bisa dihilangkan lewat proses memasak. Memasak bayam terlebih dahulu dapat meningkatkan kandungan antioksidan yang sangat baik bagi tubuh.

5. Singkong

Singkong merupakan sumber nutrisi yang baik. Ia mengandung karbohidrat dalam jumlah yang tinggi. Namun, jenis singkong manis dan patih mengandung sebuah glukosida sianogenik yang dikenal dengan nama linamarin yang terurai menjadi hidrogen sianida beracun.

Akan tetapi, proses pencucian dan memasak bisa menghilangkan kandungan ini sehingga singkong aman dikonsumsi.

6. Kacang Merah

Dalam dunia kesehatan ada sebuah penyakit yang dikenal dengan nama keracunan kacang merah. Penyakit ini memiliki gejala yang membuat pengidapnya mengalami mual secara ekstrem, diare, dan nyeri perut.

Baca Juga: Wajib Tahu! Jenis Sayur Ini Tak Disarankan Dikonsumsi Secara Mentah
Genjot Pangan Lokal, Kementan: Makan Umbi-umbian agar Terhindar Stroke

Penyakit ini juga disebabkan oleh racun yang dikenal dengan nama "phytohaemagglutinin/" yang biasa ditemukan dalam kandungan kadar tinggi pada kacang merah mentah.

Proses memasak yang tidak matang secara menyeluruh bisa membuat kandungan phytohaemagglutinin tetap bertahan, sehingga dalam menyajikan kacang merah harus dipastikan sudah dimasak hingga lembut dan aman agar bisa dikonsumsi.