Cara Mudah Menggoreng Keripik Singkong Agar Renyah

Ilustrasi singkong (Pexels)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 18 November 2022 | 17:30 WIB

Sariagri - Singkong kerap dijadikan bahan dasar pembuatan berbagai hidangan. Tak cuma makanan berat saja, aneka camilan yang bikin nagih pun bisa dibuat dari singkong. Salah satu camilan dari singkong yang digemari oleh banyak orang tak lain adalah keripik.

Singkong merupakan salah satu makanan yang dapat diolah menjadi beragam hidangan. Banyak sekali makanan mulai dari makanan berat hingga jadi camilan yang terbuat dari singkong. Tak heran bukan jika banyak orang memilih singkong sebagai camilan.

Nah, biasanya, singkong yang diolah menjadi camilan, dibuat menjadi keripik singkong. Apalagi saat ini banyak sekali kreasi bumbu tambahan yang bisa membuat rasa dari keripik singkong menjadi lebih nikmat, seperti rasa keju, balado, hingga pedas.

Meskipun diluaran sana banyak sekali yang menjual keripik singkong, tidak ada salahnya bukan jika kamu membuatnya sendiri.

Namun sebelum membuat keripik singkong, ada baiknya kamu perlu tahu lebih dulu tips menggoreng keripik singkong. Jika dibuat asal, keripik singkong yang dihasilkan akan berbentuk keriting sehingga jadi mudah melempem atau tidak renyah.

Pertama. kamu tuang minyak goreng ke wajan. Pastikan gunakan minyak goreng dalam jumlah banyak agar seluruh keripik singkong bisa terendam secara sempurna.

Jika sudah, nyalakan api dan panaskan minyak. Jika minyak sudah panas, kecilkan kompor. Kalau sudah, baru masukkan irisan singkong ke wajan secara bertahap dan beri jeda sampai terurai.

Jika sudah semua dimasukkan, diamkan sebentar, lalu ubah api kompor menjadi sedang. Aduk-aduk dan tekan keripik singkong hingga teksturnya mengeras kaku. Hal ini juga untuk menghindari keripik singkong menjadi gosong dan matang tidak merata.

Baca Juga: Cara Mudah Menggoreng Keripik Singkong Agar Renyah
Biar Rawon Gak Pahit, Begini Cara Memilih Kluwek dengan Benar

Jika sudah lumayan mengeras, sesekali bolak-balik keripik singkong dengan cara diangkat menggunakan serok. Hal ini sebagai kunci agar keripik renyah, tahan lama, dan tidak keriting.

Setelah warna keripik berubah, segera angkat, dan tiriskan. Keripik singkong pun siap disajikan. Bagaimana, mudah bukan? Jadi bikin ngiler, ya.