Bahaya Gagal Ginjal, Hindari 4 Makanan Ini

Ilustrasi sup daging. (pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 17 November 2022 | 13:15 WIB

Sariagri - Berbicara soal kesehatan, salah satu organ yang penting untuk kita jaga adalah ginjal. Pasalnya, ginjal sendiri berfungsi dalam menyeimbangkan cairan, elektrolit, dan zat terlarut guna menyaring air maupun limbah dari darah.

Oleh karena itu, penting untuk kita menjaga kesehatan ginjal agar terhindar dari penyakit. Untuk mengurangi risiko masalah ginjal, kita harus membatasi asupan natrium dan lemak jenuh.

Melansir dari situs Eat This Not That, ada setidaknya empat makanan yang sebaiknya dihindari untuk melindungi ginjal dan mengurangi risiko penyakit kronis. Berikut daftarnya.

1. Sup

Sup mungkin menjadi alternatif makan siang yang lezat atau cara meringankan sakit tenggorokan ketika flu menyerang. Tapi sup yang dimaksud disini adalah sup yang mengandung banyak garam.

Selain itu, ada juga yang membuat sup lezat ini menjadi berbahaya untuk ginjal karena menggunakan kaldu daging sapi, ayam, atau sayuran yang tercatat lebih dari 800 miligram natrium per cangkir.

Saat ini, memang ada garam yang diklaim rendah natrium, tapi banyak konsumen yang merasa rasanya kurang lezat sehingga orang cenderung memasukkan lebih banyak garam biasa untuk mengoreksi rasanya.

2. Kecap asin

Dari namanya saja kita sudah mengetahui jika kecap ini memiliki rasa yang dominan asin. Tentu saja salah satu bumbu tambahan ini tidak boleh dikonsumsi berlebihan.

Pasalnya, dalam satu sendok makan kecap asin, setidaknya terdapat sekitar 950 miligram natrium. Itu berarti hampir 50 persen dari nilai harian (DV) untuk natrium yang dibolehkan.

Ada baiknya kamu mengganti kecap asin dengan bahan yang rendah sodium seperti jamur, pasta tomat, ragi nutrisi, atau cuka beraroma.

3. Daging olahan

Jika ingin mendapatkan ginjal yang sehat, hindarilah daging olahan seperti bacon, sosis, hot dog, dan daging deli yang biasanya digunakan untuk burger. Pada bahan-bahan tersebut terdapat natrium yang terlalu banyak.

Jika mengonsumsi natrium melebihi 2300 miligram (mg) per hari, dapat berisiko terkena tekanan darah tinggi dan membuat ginjal menerima tekanan yang lebih besar.

Baca Juga: Bahaya Gagal Ginjal, Hindari 4 Makanan Ini
Awas Rawan Keriput, Hindari Makanan Ini

Beberapa penelitian menyebut, mengonsumsi terlalu banyak protein hewani ketimbang protein nabati dapat meningkatkan perkembangan penyakit ginjal.

4. Kentang goreng

Kentang memang menyehatkan, tapi tidak dengan kentang goreng atau keripik kentang. Ingat, makanan yang digoreng sebaiknya dihindari untuk melindungi jantung dan ginjal.

Kandungan potasium atau mineral yang tinggi dalam kentang harus diawasi jika kamu sudah memiliki masalah ginjal.