Pakar Sarankan Usia di Atas 40 Tahun Hindari Kentang Goreng, Ini Sebabnya

Ilustrasi kentang goreng. (pixabay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Dera - Rabu, 16 November 2022 | 18:00 WIB

Sariagri - Pakar kesehatan menyarankan bagi orang yang sudah berusia di atas 40 tahun sebaiknya menghindari jenis makan kentang goreng. Sebab, makanan jenis satu ini dinilai bisa merusak metabolisme dan membuat tubuh lebih sulit mempertahankan diet seimbang.

Ahli diet terdaftar Catherine Gervacio mengungkapkan bahwa kentang goreng yang sebaiknya dihindari orang di atas 40 tahun adalah kentang goreng yang berasal dari restoran cepat saji. Meski terkenal lezat, akan tetapi bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan. Efeknya memicu penyakit jantung, diabetes hingga kanker.

Dalam skala yang lebih kecil, terlalu sering makan kentang goreng juga dapat menyebabkan metabolisme yang lebih lambat dan penambahan berat badan yang tidak diinginkan. Hal ini sebagian disebabkan fakta bahwa makanan ini dikemas dalam kontak tinggi lemak dan kalori sementara hampir tidak menawarkan nilai gizi.

"Kentang goreng merupakan makanan yang berkalori kosong, tidak ada kandungan nutrisinya. Makanan ini hanya memberi kalori yang tidak akan membantu manajemen berat badan dan kesehatan secara umum," ucap Gervacio, seperti dikutip dari laman She Finds, Rabu (16/11).

Camilan olahan itu juga membutuhkan sedikit energi untuk diproses oleh tubuh, yang berarti dapat merusak metabolisme. Masalah utama lainnya adalah kandungan lemak trans, yang menurut Gervacio dapat menyebabkan peradangan dan penambahan berat badan. Untungnya, seseorang tidak harus mengabaikan keinginan menyantap kentang sama sekali.

Baca Juga: Pakar Sarankan Usia di Atas 40 Tahun Hindari Kentang Goreng, Ini Sebabnya
8 Camilan yang Bisa Menurunkan Kolesterol, Salah Satunya Popcorn?

Ada sejumlah cara sehat untuk mengolahnya supaya tidak membebani tubuh dengan lemak, garam, dan minyak. Versi kentang yang dibuat sendiri di dapur pun bisa lebih sehat.

"Panggang kentang sendiri dan buat menjadi renyah. Memakai air fryer juga dapat dianggap mengurangi asupan lemak, bahkan mungkin lebih baik daripada kentang goreng cepat saji," ujar Gervacio.