Biar Nutrisinya Tidak Rusak, Begini Cara Merebus Edamame

Edamame.(wikimedia commons)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 15 November 2022 | 14:00 WIB

Sariagri - Banyak pilihan camilan yang bisa bergizi dan bernutrisi. Dalam hal ini kamu bisa memilih aneka kacang-kacangan. Kandungan nutrisi di dalam kacang bisa membantu tubuh menjadi lebih sehat dan memperkuat kekebalan tubuh.

Ada banyak jenis kacang-kacangan yang bisa dipilih. Ambil contoh seperti kacang kedelai. Kacang kedelai menjadi salah satu kacang yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Bahkan saat masih berbentuk polong dan masih muda, kacang kedelai tetap bisa dikonsumsi. Biasanya kacang ini disebut dengan kacang edamame.

Dilansir dari healthline.com, kacang edamame sendiri mengandung protein, zat besi, kalsium, serta rendah kalori. Tak salah jika kacang satu ini kerap menjadi pilihan camilan bagi orang yang sedang menjalankan program diet.

Melihat kandungan nutrisi yang dimiliki edamame, sangat disayangkan jika kacang edamame dilewatkan sebagai menu camilan yang menyehatkan.

Kamu bisa mengolah kacang edamame dengan cara direbus untuk dikonsumsi secara langsung ataupun diolah kembali menjadi campuran masakan.

Cara mengolah edamame pun terbilang mudah, cukup direbus sudah bisa menjadi camilan nikmat. Namun, dalam proses merebusnya, harus dilakukan dengan cara yang benar.

Selain menjaga kandungan nutrisinya agar tidak rusak, merebus edamame dengan cara yang tepat juga bisa menghadirkan rasa gurih dan tekstur renyah.

Sebelum direbus, pastikan terlebih dahulu edamame sudah dicuci sampai bersih. Kemudian masukkan air ke dalam panci. Pastikan gunakan takaran air yang banyak agar kacang edamame terendam dengan sempurna.

Jika sudah mendidih, masukkan lima gram soda kue ke dalamnya. Pemberian soda kue ini bertujuan untuk mempertahankan warna kacang edamame agar tetap hijau segar.

Baca Juga: Biar Nutrisinya Tidak Rusak, Begini Cara Merebus Edamame
Hati-hati! Berikut Ciri-ciri Tahu Berformalin yang Perlu Diketahui

Jika baking soda sudah larut, masukkan edamame yang sudah dibersihkan. Tutup panci lalu rebus selama 10 menit. Jika sudah, kamu bisa langsung angkat lalu saring edamame agar kandungan airnya berkurang.

Sambil ditiriskan, kamu bisa menaburkan garam ke dalam wadah kacang edamame yang sudah direbus. Sambil diaduk-aduk, agar garam bisa merata ke seluruh kacang edamame.