Biar Rawon Gak Pahit, Begini Cara Memilih Kluwek dengan Benar

Ilustrasi Kluwek (Istimewa)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 17 November 2022 | 20:30 WIB

Sariagri - Indonesia terkenal dengan makanan yang kaya akan rempahnya. Salah satu masakan khas Indonesia yang menggunakan rempah adalah rawon. Siapa Sih yang tidak tergoda dengan masakan berkuah yang warnanya hitam ini.

Akan tetapi, agar mendapat cita rasa dan warna yang tepat, dibutuhkan salah satu rempah yang bernama kluwek. Buah kluwek sendiri memiliki kulit keras seperti kemiri.

Meskipun begitu, kluwek memiliki cita rasa lezat karena mengandung asam glutamat yang biasa terdapat pada bumbu penyedap masakan.

Oleh karena itu, banyak orang yang memanfaatkan kluwek. Tak hanya untuk rawon, kluwek pun bisa dipakai sebagai bumbu nasi goreng, sop konro, pucung gabus, sambal, dan menu lainnya.

Menurut peneliti di Southeast Asian Food and Agriculture Science and Technology (Seafast) Center, kluwek mentah memiliki senyawa yang mengandung sianida yang sangat tinggi. Jadi cukup berbahaya juga ya jika cara mengolahnya pun sembarangan.

Apalagi jika kamu salah menggunakan kluwek yang masih muda, bisa membuat rasa masakan cenderung pahit. Oleh karena itu, kamu harus selektif saat memilih kluwek sebagai bahan pembuatan rawon dan makanan lain.

Selain baiknya didiamkan selama beberapa hari sebelum diolah, kamu juga harus mengetahui ciri-ciri kluwek yang berkualitas.

Tips memilih kluwek yang tidak menghasilkan rasa pahit adalah dengan menyentuhnya satu per satu. Sambil ditimbang-timbang menggunakan jari, pastikan kamu memilih kluwek yang lumayan berat.

Hal ini karena terdapat banyak kluwek yang ternyata kopong atau tidak ada isinya. Jika sudah memastikan kluwek yang dipilih terdapat isinya. Kamu bisa langsung membuka kulitnya menggunakan ulekan atau alat lainnya.

Baca Juga: Biar Rawon Gak Pahit, Begini Cara Memilih Kluwek dengan Benar
Tips Mudah Masak Rendang Agar Daging Empuk

Dalam tahap ini, pastikan kluwek memiliki warna hitam pekat dan tidak ada jamur berwarna putih yang menempel di dalamnya.

Namun, jika kamu menemui kluwek yang memiliki jamur berwarna putih di dalamnya, cicipi terlebih dahulu. Jika kluwek tidak terasa pahit, kamu tetap bisa menggunakannya. Sebaliknya, jika kluwek terasa pahit, sebaiknya dibuat saja.