Intip Manfaat Air Kelapa yang Mampu Turunkan Gula Darah

Ilustrasi air kelapa (Wikimedia Commons)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Kamis, 10 November 2022 | 22:00 WIB

Sariagri - Sejak dahulu, air kelapa sudah dikenal memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Di dalamnya terdapat sejumlah vitamin dan mineral yang mampu menghilangkan dehidrasi.

Namun, tidak banyak yang menyadari bahwa air kelapa juga mengandung nutrisi seperti antioksidan yang baik untuk kesehatan. Tak hanya itu, minuman alami ini juga diketahui memiliki manfaat lain yang mampu menurunkan kadar gula dalam darah.

Tentu hal ini menjadi kabar baik bagi para penderita diabetes. Sudah ada beberapa hasil penelitian mengenai air kelapa dan penurunan gula darah yang menunjukkan bahwa air ajaib ini bisa menurunkan gula darah. Salah satunya adalah penelitian yang dimuat pada Journal of Medicinal Food di tahun 2015.

Dalam penelitian yang dilakukan pada tikus, ditemukan bahwa tikus yang minum air kelapa bisa menjaga level gula darah dengan lebih baik.

Tidak sampai disitu saja, tikus ini juga mengalami penurunan level hemoglobin A1c yang juga menunjukkan meningkatnya kemampuan pengaturan gula darah dalam jangka waktu lama.

Meskipun belum banyak penelitian yang dilakukan pada manusia, namun air kelapa juga turut berpengaruh dalam menurunkan gula darah pada tubuh manusia.

Dilansir dari laman Healthline, air kelapa mengandung banyak magnesium yang mana mampu berpperan dalam meningkatkan sensitivitas insulin. Dengan begitu, level gula darah pada penderita diabetes tipe 2 dan prediabetes pun akan menurun.

Meski demikian, perlu diingat bahwa penderita diabetes tidak boleh sembarangan minum air kelapa. Pasalnya, Medical News Today mengungkapkan bahwa air kelapa tetap mengandung gula alami atau fruktosa yang bisa memberi efek samping.

Jika dikonsumsi secara berlebihan, maka level gula darah justru bisa melambung tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya para penderita diabetes membatasi saat ingin konsumsi air kelapa dalam sehari.

Baca Juga: Intip Manfaat Air Kelapa yang Mampu Turunkan Gula Darah
Turunkan BB Sampai 90 Kilogram, Ini Menu Diet Mengenyangkan ala Dewi Hughes

Tak hanya itu, sebelum menambahkan air kelapa ke menu diet harian, penderita diabetes dan prediabetes juga sangat direkomendasikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Hal lain yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah menerapkan pola makan sehat yang dibarengi dengan sayuran dan protein. Ditambah lagi dengan kegiatan olahraga yang dilakukan secara rutin agar lebih efektif dalam menurunkan gula darah.