Sering Salah! Begini Cara Makan Sushi yang Benar Ala Profesional

Ilustrasi sushi. (Freepik)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 9 November 2022 | 14:00 WIB

Sariagri - Sushi adalah salah satu makanan khas dari Jepang yang banyak digemari. Sushi bisa disantap sebagai camilan ataupun makan besar. Dahulu, makanan ini hanya disajikan di restoran mewah yang ada di negeri sakura.

Namun kini, kita bisa dengan mudah menemukan sushi di berbagai tempat makan yang ada disana. Bahkan diberbagai belahan negara di dunia pun, makanan ini sudah banyak diperjualbelikan.

Dilansir dari laman Good Food, para ahli sushi di restoran Jepang Nobu Melbourne yang telah melayani selama 15 tahun terakhir, membagikan cara makan sushi seperti seorang professional.

Cara makan sushi yang benar

1. Alat makan yang digunakan

Makan sushi sangat identik dengan penggunaan sumpit. Namun ternyata ketika kamu memakan sushi, tidak selalu menggunakan alat makan ini loh.

Biasanya, sushi roll dan nigiri sushi (nasi dengan ikan), dimakan dengan tangan. Sementara sashimi yang lembut baru dimakan dengan bantuan sumpit.

Pastikan kamu tidak menggosok stik secara bersamaan. Alasannya karena ini dianggap sebagai penghinaan dan menunjukkan kualitas sumpit yang buruk.

2. Mencelupkan sushi ke kecap asin

Bagi yang tidak biasa, mencelupkan seluruh sushi ke dalam kecap asin sering kali menyebabkan masalah. Sebab jika caranya tidak benar, maka bisa membuat nasi menjadi hancur berantakan.

Para ahli Nobu juga mengatakan, membasahi nasi dengan saus asin juga dapat mengganggu keseimbangan rasa yang dibuat oleh koki. Namun kamu tetap bisa mencelupkan sushi ke dalam kecap asin, dengan sangat lembut.

Selain itu, penggunaan kecap asin untuk sushi bisa mengubah rasa yang luar biasa. Oleh sebab itu, jangan berlebihan, cukup gunakan setetes kecil untuk melengkapi makan sushi agar tidak mengalahkan rasa ikan yang lembut.

3. Penggunaan wasabi

Kebanyakan orang suka mencampurkan kecap dan wasabi, namun sebenarnya cara ini justru membuat warnanya menjadi tidak menarik. Cara tepatnya adalah dengan mengoleskan sedikit wasabi ke setiap bagian, baru mencelupkan dalam kecap asin.

4. Memakan sushi dalam satu gigitan

Tahukah kamu, cara yang paling baik ketika memakan sushi adalah dimakan dalam satu gigitan. Hal ini dikarenakan bentuk sushi akan membuatnya cenderung hancur jika hanya digigit sebagian. Jadi usahakan untuk melahap setiap potongannya dengan satu suapan ke mulut.

5. Fungsi irisan jahe

Sering kali di restoran sushi menyajikan irisan tipis acar jahe. Topping ini ternyata bukan hiasan khusus atau topping tambahan, melainkan sebagai pembersih langit-langit mulut.

Ketika kamu beralih makan sushi tuna ke salmon, sebaiknya konsumsi irisan jahe ini terlebih dahulu agar bisa menikmati rasa sushi selanjutnya.

6. Langsung dikonsumsi

Umumnya, masyarakat kerap mengabadikan momen dan hidangan yang ada. Hal ini bisa memakan waktu yang cukup lama. Padahal, makan sushi sebaiknya dilakukan selagi segar setelah disajikan oleh tangan koki.

7. Urutan yang benar

Selain harus dikonsumsi secepatnya, sushi sebenarnya juga harus dimakan sesuai urutan yang tepat dengan suhu, tekstur, dan rasa. Pertama, mulailah dengan konsumsi sashimi, sushi dengan nasi, dan kemudian diakhiri dengan sup miso.

Baca Juga: Sering Salah! Begini Cara Makan Sushi yang Benar Ala Profesional
Punya Hipertensi? Cobain Makan Buah dan Sayuran Ini

Selain itu, kamu juga bisa memulainya dengan potongan sushi yang lebih kecil dan ringan, baru selanjutnya dilanjutkan dengan variasi yang lebih besar, kompleks dan mengenyangkan.

8. Menghabiskan semua sajian

Jika kamu menghabiskan sajian di piring ini menandakan sebuah pujian bagi para koki sushi. sushi akan sangat senang ketika melihat piring konsumennya kosong. Ini berarti konsumen benar-benar menikmati makanan mereka.