Tips Mengonsumsi Susu agar Manfaatnya Terserap Maksimal

Ilustrasi minum susu (Pexels)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Selasa, 8 November 2022 | 09:00 WIB

Sariagri - Susu merupakan salah satu asupan yang sangat disarankan oleh ahli gizi untuk dikonsumsi setiap hari. Hal ini karena susu adalah minuman yang kaya akan kalsium dan nutrisi lain yang berperan dalam menjaga kesehatan tulang.

Namun untuk mendapatkan itu semua, ternyata tidak sembarangan. Para ahli juga menyebutkan bahwa ada beberapa cara atau tips tepat yang membuat kandungan susu dapat terserap secara maksimal oleh tubuh.

Tips tepat dalam konsumsi susu

Dirangkum dari Times of India, berikut adalah beberapa cara yang harus diperhatikan saat ingin minum susu agar manfaatnya maksimal.

1. Waktu yang tepat

Tahukah kamu waktu meminum susu ternyata berpengaruh terharap penyerapan susu itu sendiri. Ahli gizi menyebutkan waktu minum susu yang tepat untuk anak-anak dan orang dewasa berbeda. Alasannya karena perbedaan antara kebutuhan tubuh orang dewasa dan anak-anak.

Bagi orang dewasa disarankan untuk minum susu tepat sebelum tidur malam, karena saluran pencernaannya sudah matang maksimal dan siap mencerna susu walaupun pada malam hari. Selain itu minum susu sebelum tidur juga memaksimalkan penyerapan kalsium pada tulang orang dewasa.

Sementara bagi anak-anak waktu yang tepat untuk minum susu yaitu saat sarapan di pagi hari.

2. Tidak berlebihan

Susu memang dikenal mengandung banyak kalsium, dan nutrisi lain seperti protein, vitamin B12, vitamin D hingga fosfor. Semua kandungan itu memang berperan dalam memperkuat tulang dan mencegah pengeroposan.

Namun perlu diingat, ada beberapa kondisi yang juga bisa berdampak negatif jika berlebihan meminum susu. Hal ini karena bisa menyebabkan masalah jantung, intoleran laktosa yang menyebabkan gangguan pencernaan serta meningkatkan berat badan.

Oleh sebab itu, ahli gizi menyarankan untuk mengonsumsi 1-2 cangkir susu per hari untuk jenis susu yang berlemak. Namun jika ingin menghindari susu lemak, kamu bisa mengonsumsi susu rendah lemak yang banyak dijual di pasaran.

3. Cara membuat

Perlu diketahui terkadang susu terasa hambar saat dikonsumsi. Hal ini membuat beberapa orang menjadi bosan. Untuk mengatasinya ada beberapa cara yang bisa dilakukan, diantaranya yaitu dengan mencampurkan susu dengan buah-buahan seperti pisang, melon, kurma dan beberapa buah lainnya sesuai selera.

Selain buah-buahan, kamu juga bisa mencampurkan susu dengan rempah-rempah, seperti kunyit atau bubuk cokelat. Dengan cara ini membuat susu terasa nikmat dan menambah khasiat bagi kesehatan.

4. Menentukan suhu yang tepat

Tidak hanya waktu tepat untuk konsumsi, ada faktor lain yang membuat manfaat susu lebih maksimal, yaitu menentukan suhu susu yang tepat.

Baca Juga: Tips Mengonsumsi Susu agar Manfaatnya Terserap Maksimal
Mengenal Susu Gandum dan Manfaat Dahsyatnya bagi Kesehatan

Jika mengonsumsi susu di suhu yang tepat, maka bisa berpengaruh pada manfaat di dalamnya yang lebih efektif. Apabila kamu ingin konsumsi susu sebelum tidur, sebaiknya buatlah susu dalam keadaan hangat.

Sebab jika minum susu yang dingin pada malam hari sebelum tidur, justru akan membuat sakit perut dan mengganggu kualitas tidur malam.