Tak Melulu Beras, Ini Makanan yang Bisa Selamatkan RI dari Krisis Pangan

Ilustrasi singkong. (pixabay/Kafindav)

Editor: Dera - Minggu, 6 November 2022 | 18:00 WIB

Sariagri - Melihat ancaman krisis pangan global yang kian mengkhawatirkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun langsung memperingatkan jajarannya untuk waspada dan mempersiapkan 'jurus jitu' agar hal tersebut tidak terjadi di Indonesia. 

Jokowi bahkan mengalokasikan anggaran ketahanan pangan senilai Rp95 triliun pada APBN 2023. Di  mana salah satu upaya  yang didorong adalah meningkatkan ketersediaan akses dan kualitas pangan, melalui kawasan fasilitas penerapan budidaya padi sebanyak 279,55 ribu hektare, kawasan fasilitas penerapan budidaya jagung 40.000 hektare, dan kawasan fasilitas penerapan budidaya kedelai 350.000 hektare.

Selain itu, Jokowi juga mengajak para petani untuk gencar menanam tanaman yang bisa menjadi sumber pangan, agar Indonesia tak hanya bergantung pada beras atau nasi sebagai makanan pokok utama. 

Lalu, sumber pangan apa sajakah yang bisa menyelamatkan Indonesia dari ancaman kelaparan? 

1. Singkong

Tanaman umbi yang satu ini mengandung nutrisi yang tak kalah dari nasi, seperti protein, kalium, serat, vitamin B, vitamin C, magensium, selenium dan zat besi. 

Bahkan, singkong termasuk makanan yang mudah dan murah untuk didapatkan. Sobat Agri pun bisa menanamnya di halaman rumah, sehingga bisa mendukung ketahanan pangan keluarga.

2. Sukun

Meksi sukun tak sepopuler makanan lain, namun sukun memiliki kandungan kalium, zat besi, serta berbagai mineral lain yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, terutama kestabilan denyut jantung dan tekanan darah.

Diketahui, karbohidrat yang terkandung dalam 100 gram tepung sukun setara dengan 100 gram beras. Artinya, sukun bisa menjadi sumber pangan alternatif di masa depan. 

3. Jagung

Jagung mungkin tak asing bagi masyarakat Indonesia. Makanan yang satu ini juga kerap dijadikan makanan pokok pengganti nasi, terutama bagi orang yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan. 

Adapun dalam 100 gram biji jagung mengandung 86 kalori dan berbagai jenis vitamin B, seperti vitamin B1, vitamin B3, vitamin B5, serta vitamin B9 atau folat. Jagung juga mengandung serat, magnesium, fosfor, dan vitamin C.

4. Kentang

Selain disebut sebagai sumber karbohidrat, kentang juga dikenal sebagai sumber serat yang baik. Makanan ini juga mengandung protein, folat, vitamin B6, vitamin C, kalium, omega-3, omega-6, dan zat besi. Kentang pun sejak lama sudah dijadikan salah satu makanan pengganti nasi. 

Baca Juga: Tak Melulu Beras, Ini Makanan yang Bisa Selamatkan RI dari Krisis Pangan
Hey Petani, Yuk Genjot Pangan Lokal untuk Selamatkan Dunia

5. Ubi jalar

Tak hanya kaya beta karoten, ubi jalar juga mengandung vitamin A, vitamin B6, vitamin C, kalium, dan serat yang tinggi. Ubi jalar bahkan bisa diolah menjadi berbagai makanan yang lezat dan menyehatkan, seperti direbus, dikukus, atau dicampur dengan bahan makanan lain.

Tak heran jika ubi jalar menjadi salah satu sumber pangan yang bisa menyelamatkan Indonesia dari krisis pangan. 

Video Terkait