Meski Terlihat Mirip, Ini Perbedaan Telur Orak Arik ala Prancis dan Amerika

Ilustrasi Telur Orak Arik. (Foto: Pixabay)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Selasa, 1 November 2022 | 22:00 WIB

Sariagri - Telur orak-arik atau scramble egg adalah salah satu menu sarapan yang sangat nikmat dan paling mudah untuk dibuat. Namun tahukah kamu, ternyata menu ini tidak hanya dimiliki oleh Indonesia saja.

Pasalnya di beberapa negara juga memiliki telur orak arik khasnya masing-masing, seperti Prancis dan Amerika. Meskipun sama-sama telur orak-arik dengan rasa yang lezat, namun menu ini memiliki karakteristik yang berbeda.

Pada dasarnya olahan telur ini sama-sama sangat identik dengan menu sarapan. Namun keduanya memiliki cara pengajian kedua hidangan yang berbeda. Dilansir dari Tasting Table (25/10), ada beberapa perbedaan dari telur orak-arik dari Prancis dan Amerika yang perlu diketahui.

Telur orak-arik ala Prancis

Menu makanan khas dari Prancis, umumnya dikenal memiliki kaya rasa. Hal ini sesuai dengan karakteristik makanan khas sana yang sangat gurih dan menggunakan banyak bumbu.

Begitu juga dengan menu olahan telur orak arik ini. Dalam pembuatannya, telur orak arik ala Prancis tidak hanya menggunakan mentega, namun juga memiliki cara memasak yang unik.

Dalam proses memasaknya, membutuhkan kesabaran ekstra karena harus mengaduknya dalam waktu yang cukup lama, hingga 10 menit. Setelah itu telur ini dibumbui dengan sedikit garam dan merica.

Jika sudah matang, hasil olahan menu sarapan ini menjadi begitu nikmat dan berkelas. Apalagi telur orak-arik ala Prancis ini memiliki tekstur yang kental, memberikan cita rasa yang creamy.

Biasanya telur orak-arik ini dijadikan sebagai bahan isian sandwich.

Telur orak-arik ala Amerika

Sementara untuk telur orak-arik ala Amerika memiliki tekstur yang berbeda dibandingkan telur orak arik ala Prancis. Jika sebelumnya telah disebutkan bahwa telur orak arik ala Prancis memiliki tekstur yang cenderung lembut dan creamy, lain halnya telur orak-arik ala Amerika yang bertekstur lebih padat dan kering.

Beberapa orang menyebutkan jika telur orak-arik ala Amerika ini ditahapan matang dengan sempurna. Hal ini dikarenakan, dalam proses memasak telur orak arik ala Amerika menggunakan api sedang, bahkan api besar.

Baca Juga: Meski Terlihat Mirip, Ini Perbedaan Telur Orak Arik ala Prancis dan Amerika
Hari Pangan Sedunia, Begini Sejarah dan Temanya di Tahun 2022

Selain api yang digunakan, dalam proses memasaknya juga tidak seperti telur orak-arik ala Prancis yang diaduk perlahan, tetapi diaduk dengan kasar sehingga memberikan kesan lipatan.

Durasi memasak telur ala Amerika ini juga memakan waktu yang sebentar, yaitu hanya sekitar 2-3 menit saja.

Untuk jenis telur orak-arik ala Amerika ini sangat populer di belahan dunia. Biasanya telur ini banyak disajikan di restoran cepat saji seperti McDonald's.

Ketika ingin dinikmati, telur orak arik ini akan lebih nikmat jika ditambahkan dengan sedikit garam dan merica.