Minuman Ini Ternyata Aman untuk Penderita Asam Lambung

Ilustrasi Air Kelapa (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Minggu, 30 Oktober 2022 | 22:00 WIB

Sariagri - Banyak sekali orang yang takut akan asam lambung. Pasalnya, orang yang terkena penyakit ini akan merasakan batuk, mual, suara serak, bersendawa, hingga sakit tenggorokan. Parahnya, di suatu kondisi penderitanya akan merasakan sakit pada bagian perut yang tak tertahankan.

Asam lambung atau yang juga dikenal dengan GERD gastroesophageal reflux disease ini memang harus menghindari beberapa jenis minuman. Ada beberapa minuman yang malahan bisa menimbulkan atau memperparah asam lambung.

Meskipun begitu, pengidap asam lambung masih boleh mengonsumsi minuman tertentu yang dinilai aman bagi lambung. Berikut ini beberapa jenis minuman yang aman dikonsumsi oleh pengidap asam lambung.

1. Susu Rendah Lemak

Susu sapi rendah lemak dan susu skim menjadi salah satu minuman yang mampu mengatasi asam lambung. Susu jenis ini berbeda dengan susu sapi yang tinggi lemak.

Tingginya lemak pada susu sapi akan sulit dicerna. Tingginya lemak pada susu bisa menyebabkan gejala asam lambung yang makin memburuk, teman-teman.

2. Jus Buah dan Sayuran

Beberapa pilihan bahan jus buah dan sayur yang aman dikonsumsi oleh pengidap asam lambung adalah seledri, wortel, blewah, dan melon.

Buah bercita rasa sangat asam sebaiknya dihindari untuk mencegah iritasi selaput lendir pipa makanan dan memperburuk penyakit. Sebaliknya, buah dan sayuran rendah asam seringkali mengandung senyawa alami yang bisa mengurangi refluks asam.

3. Teh Jahe

Teh jahe bisa membantu mengurangi sakit yang berhubungan dengan lambung dan usus, seperti kembung dan asam lambung. Penelitian menunjukkan bahwa jahe mampu meredakan tekanan pada sfingter esofagus, bagian terbawah antara esofagus dengan lambung.

Tekanan yang berkurang ini bisa meningkatkan kegagalan sfingter, yakni otot halus yang berbentuk cincin. Sfingter berfungsi menutup lubang pada organ tertentu sehingga memungkinkan asam lambung mengalir kembali ke pipa makanan.

Baca Juga: Minuman Ini Ternyata Aman untuk Penderita Asam Lambung
Habis Berolahraga? Cobain 7 Minuman Ini Agar Tetap Fit

Mengonsumsi teh jahe juga dapat membantu memberikan sensasi hangat dan menenangkan pada tubuh.

4. Air Kelapa

Jika dikonsumsi tanpa gula tambahan, minuman air kelapa ini sangat baik bagi pengidap asam lambung. Ini karena, air kelapa kaya akan elektrolit seperti kalium yang mampu menjaga keseimbangan pH dalam tubuh.

5. Susu Nabati

Jika kamu merupakan salah satu orang yang tidak toleran terhadap laktosa, susu nabati adalah solusi yang baik. Susu nabati bisa ditemukan pada susu almond yang memiliki kandungan basa untuk membantu menetralkan asam lambung.

Selain itu, kita juga bisa mengonsumsi susu kedelai yang mengandung lebih sedikit lemak daripada kebanyakan produk susu.