Layaknya Cintaku Padamu, Ini Alasan Air dan Minyak Tak Bisa Bersatu

Ilustrasi Minyak dan Air (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 27 Oktober 2022 | 20:00 WIB

Sariagri - Kamu mungkin sudah melihat dan mengetahui jika air dan minyak tidak dapat bercampur meskipun keduanya merupakan benda cair.

Bahkan, saat tangan kita berminyak, mencucinya dengan air saja tidak cukup. Selain itu, bagian minyak pasti selalu mengapung atau di atas cairan air jika dicampur dalam wadah yang sama.

Akan tetapi apakah kamu tahu alasan mengapa keduanya tidak bisa bercampur? Ternyata, hal ini ada penjelasan ilmiahnya loh. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut ulasannya.

Alasan mengapa minyak dan air tidak bisa bercampur adalah molekul minyak lebih besar daripada air. Apalagi, molekul air mempunyai muatan positif dan negatif. Sedangkan, molekul minyak tidak mempunyai muatan.

Minyak sendiri merupakan senyawa organik hidrokarbon. Jadi, ikatan atom hidrogen dan karbon yang berbentuk cairan dan tidak larut dalam air.

Sedangkan air, adalah senyawa alami yang berasal dari ikatan atom oksigen dan hidrogen. Air tidak berwarna, tidak berasa, dan tidak berbau.

Jadi, jika senyawa pada minyak akan otomatis terpisah dari molekul air. Oleh karena itu, air dan minyak yang diaduk pun tidak akan pernah menyatu, sehingga tetap terpisah menjadi dua lapisan yang berbeda.

Namun, bukan berarti mereka tidak bisa bersatu. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar kedua cairan ini menyatu. Caranya adalah dengan menambahkan pengemulsi, yaitu suatu zat yang membantu menjaga kestabilan air dan minyak.

Baca Juga: Layaknya Cintaku Padamu, Ini Alasan Air dan Minyak Tak Bisa Bersatu
Fakta Menarik, Kecoak Ternyata Sudah Ada Sejak 300 Juta Tahun Lalu

Hasilnya, jika kita mencampurkan air, minyak, dan pengemulsi, maka molekul minyak akan menyebar dan tidak mengapung di atas air.

Nah, itulah alasannya kenapa air dan minyak tidak dapat menyatu, meskipun sudah diaduk berkali-kali. Air dan minyak dapat dipaksa bersatu dengan cara menambahkan pengemulsi, sehingga menyebabkan minyak menyebar di air.