Hati-hati! Minum Air Terkontaminasi Bisa Gagal Ginjal Akut

Ilustrasi Minum Air Putih (Pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 26 Oktober 2022 | 21:00 WIB

Sariagri - Seperti mengonsumsi makanan, kualitas dari asupan air minum mesti diperhatikan. Meminum air, termasuk yang sudah tercemar, memiliki dampak negatif untuk kesehatan.

Seperti disampaikan dokter umum, dr. M. Alfi Auliya Rachman, mengonsumsi air yang sudah terkontaminasi seperti tinja, sampah, deterjen hingga limbah pabrik, bisa memicu penyakit ginjal. Pasalnya, hal ini membuat kerja organ ginjal sebagai penyaring cairan akan rusak.

"Tidak hanya salah satu bahan komponen yang ada di dalam obat sirup, tapi korelasinya dengan air yang tercemar itu bisa (gagal ginjal akut)," terang dr. Alfi, dalam siaran live Instagramnya.

Dijelaskan, organ ginjal, berfungsi untuk memfiltrasi, menyaring semua komponen-komponen dari yang dikonsumsi. Baik itu makanan atau minuman, keduanya akan disaring dan akhirnya dikeluarkan berbentuk cairan yakni air seni.

Jika ginjal terus memfiltrasi air yang dikonsumsi dan sudah tercemar, maka akan terjadi penumpukan zat-zat berbahaya di ginjal. Bahkan bisa menyebabkan gagal ginjal akut atau kronis.

"Gejalanya itu bisa dari sakit pinggang, buang air kecilnya tidak lancar, kemudian nyeri perut hebat sampai demam," imbuhnya lagi.

Baca Juga: Hati-hati! Minum Air Terkontaminasi Bisa Gagal Ginjal Akut
5 Kondisi Tubuh yang Menandakan Harus Segera Minum Air Putih

Selain itu, bukan hanya organ dalam, konsumsi air yang tercemar pun seperti terkontaminasi dengan tinja, akan berakibat menimbulkan kesakitan untuk organ terluar juga.

“Misalnya, apabila dipakai mandi maka akan berujung pada penyakit dan kelainan kulit. Sistem pencernaan juga bisa terganggu, sistem pernapasan bisa terganggu, jadi dampak kesehatannya itu besar sekali," pungkas dr. Alfi