Awas Rawan Keriput, Hindari Makanan Ini

Ilustrasi Keripik Kentang (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 24 Oktober 2022 | 21:00 WIB

Sariagri - Munculnya tanda keriput pada kulit tentu membuat penampilan jadi tidak PD alias percaya diri. Memang, seiring bertambahnya usia keriput pada kulit akan bermunculan.

Namun, sebenarnya penuaan pada kulit juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya saja karena pola makan yang tidak sehat.

Makanan asin seringkali dikaitkan dengan penuaan dini dan kulit kendur. Pada kenyataannya camilan gurih ini banyak sekali digemari. Lalu apakah benar jika makanan asin bisa bikin penuaan dini?

Kenyataannya yang harus diterima adalah benar. Faktanya, keripik kentang yang umumnya mengandung banyak garam bikin kulit cepat keriput.

Selain itu ada beberapa makanan lainnya seperti keju, pizza, dan kerupuk yang masuk kedalam kelompok makanan yang bikin kulit cepat kendur.

Makan garam dalam jumlah banyak dapat menyebabkan tubuh menahan air dan menyebabkan penampilan bengkak di wajah. Ketika sel-sel menyusut dan menyebabkan dehidrasi, kekurangan air membuat kulit keriput, dan akibatnya, mempercepat penuaan.

Selain makanan asin, adalagi makanan yang mengandung gula yang cukup tinggi seperti daging olahan. Contohnya hot dog dan salami yang mengandung jumlah gula yang cukup besar.

Ketika tubuh kelebihan jumlah garam dan glukosa, itu akan berikatan silang dengan kolagen dan elastin, protein yang memberi kulit kekencangan dan elastisitas.

Asupan gula dan garam yang tinggi mengeraskan protein kulit, membuat kulit lebih lemah, lebih tipis dan kurang terhidrasi. Protein kulit yang rusak mengakibatkan peningkatan dan kerutan dini, kendur dan perubahan warna kulit.

Tak sampai disitu, daging olahan lain, bacon, dikaitkan dengan kerutan dini dan penuaan lebih cepat. Hal ini lantaran bacon sarat dengan pengawet seperti nitrit, nitrat, dan sulfat.

Baca Juga: Awas Rawan Keriput, Hindari Makanan Ini
Hari Olahraga Nasional, Jangan Konsumsi 5 Makanan Ini Usai Olahraga

Tidak hanya menyebabkan kerutan, makanan berminyak ini juga bisa menjadi penyebab munculnya jerawat. Sebagai alternatif kamu disarankan mengonsumsi makanan kaya akan antioksidan dan sifat anti-inflamasi.

selain itu ada juga biji-bijian utuh seperti roti gandum, beras merah, barley, millet, oatmeal, dan quinoa bisa mendukung kulit yang sehat. Ada juga buah seperti stroberi, paprika merah, jeruk bali dan sayuran hijau.