Tak Disangka, Kulit Singkong Menyimpan Beragam Manfaat Kesehatan

Ilustrasi singkong (Pexels)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 24 Oktober 2022 | 22:00 WIB

Sariagri - Kebanyakan orang akan membuang kulit tanaman singkong begitu saja, padahal kulit singkong bisa bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah penyakit.

Perlu kamu ketahui, kalsium, vitamin C, protein, karoten, dan lisin. Di mana, kandungan ini tentu sangat bagus untuk digunakan sebagai bahan alami mengatasi masalah kesehatan.

Menurut laman Research Tropica, jika kulit singkong memiliki beragam kandungan nutrisi penting. Misalnya saja karbohidrat, serat, protein, vitamin A, dan C, tanin, serta oksalat.

Melihat dari banyaknya kandungan nutrisi yang tersimpan di dalam kulit singkong, berikut beberapa manfaat kulit singkong yang tidak banyak diketahui.

Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Manfaat singkong kulit singkong yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan rambut. Dengan pemakaian kulit singkong yang sudah dihaluskan baik dengan umbi atau daunnya, memakai kulit singkong sebagai masker rambut sangat baik untuk menumbuhkan rambut.

Selain itu, pemakaian masker rambut dari kulit singkong juga mampu mengatasi masalah rambut rontok, dan memperkuat akar rambut.

Sebagai Masker Wajah

Manfaat kulit Singkong yang kedua adalah sebagai pembuat masker wajah. Kulit singkong dapat berfungsi sebagai masker wajah yang menutrisi kulit dengan kandungan alaminya.

Untuk pembuatan maskernya, kamu bisa mencuci bersih kulit singkong, lalu parut kulit singkong hingga benar-benar halus tanpa mencampurkannya dengan air. Tambahkan bahan lainnya seperti madu atau minyak zaitun serta beberapa tetes lemon untuk mendapatkan hasil maksimal.

Kandungan air yang terdapat pada masker kulit singkong dapat melembabkan kulit dan membuatnya halus serta lembut.

Memperlambat Penuaan Kulit

Karena terdapat kandungan Vitamin C dalam kulit Singkong membuat konsumsi makanan olahan dari bahan ini bermanfaat bagi kulit. Vitamin C adalah antioksidan yang dapat membalikkan kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.

Sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa kerusakan oksidatif berperan penting dalam penuaan, termasuk penuaan kulit. Secara teori, ini berarti makanan yang mengandung vitamin C dapat meningkatkan kesehatan kulit dan memperlambat proses penuaan kulit.

Vitamin C pada kulit singkong juga bisa menjadi pelembab kulit yang efektif. Sebuah studi tahun 2012 di Sao Paulo, Brazil, menemukan bahwa formula yang mengandung vitamin C meningkatkan kelembaban dan kehalusan kulit.

Mengangkat Sel Kulit Mati

Manfaat kulit singkong juga ampuh mengangkat sel kulit mati. Kamu bisa menggunakan kulit singkong sebagai bahan utama membuat scrub.

Caranya, cuci bersih lalu tumbuk hingga menyisakan sedikit tekstur kasar, namun ingat untuk tidak mencampurkan terlalu banyak air ke dalamnya.

Gunakan sebagai scrub untuk mengangkat sel kulit mati dengan menggosokkannya secara lembut ke wajah selama beberapa menit kemudian basuh dengan air dingin.

Menguatkan Gigi dan Tulang

Kulit singkong sekaligus dagingnnya memiliki kandungan kalsium, mengonsumsi bahan makanan ini juga bisa dipakai sebagai alternatif sumber kalsium bagi tubuh.

Kalsium merupakan mineral yang sangat penting untuk kesehatan tulang. Sekitar 99% kalsium dalam tubuh manusia ada di tulang dan gigi dan kalsium sangat penting untuk perkembangan, pertumbuhan, serta pemeliharaan tulang.

Baca Juga: Tak Disangka, Kulit Singkong Menyimpan Beragam Manfaat Kesehatan
Terungkap, Ini Smoothie yang Jadi Rahasia Kulit Cantik Kate Middleton

Menyamarkan Flek Hitam di Wajah

Flek hitam di kulit terutama di bagian wajah bagi sebagian orang tentu mengganggu. Namun jangan khawatir, kamu bisa memanfaatkan kulit singkong untuk menyamarkan flek hitam.

Selain membuat wajah bersih, halus, dan cerah, adonan parutan kulit singkong juga dapat membantu menyembuhkan bagian kulit yang menghitam karena bekas luka. Kamu bisa mengoleskannya dengan lembut ke seluruh bagian bekas luka setiap dua kali sehari.