Singkong Diolah Jadi Tepung Mocaf, Raup Omzet Puluhan Juta per Bulan

Warga mengolah singkong jadi mocaf. (Sariagri/Arief L)

Penulis: Tatang Adhiwidharta, Editor: Reza P - Senin, 17 Oktober 2022 | 19:45 WIB

Singkong (Manihot utilisima atau Manihot esculenta crantz) umumnya hanya dikonsumsi masyarakat dengan cara direbus atau digoreng biasa. Namun di tangan sekelompok ibu rumah tangga di Dusun Magir, Desa Sukosari, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang, Jawa Timur, umbi singkong mampu diolah menjadi tepung mocaf (modified cassava flour) bernilai jual tinggi.

Ketua kelompok usaha sri tanjung, Sri Wahyuni mengatakan ide pembuatan tepung mocaf, berawal dari melimpahnya hasil panen singkong di wilayah setempat, namun belum sepenuhnya dioptimalkan menjadi aneka olahan bernilai jual ekonomis.

“Singkong kita ketahui bersama memiliki sumber karborhidrat tinggi, namun sejauh ini hanya dikonsumsi biasa sebagai makanan rebus atau goreng. Selain itu, singkong mentah dari petani saat ini harga jualnya juga menurun, hanya laku dihargai Rp1.500 hingga Rp3.000 per kilogram. Dengan diolah menjadi mocaf nilai ekonomis singkong meningkat,” tutur Sri Wahyuni kepada Sariagri, Senin (17/10/2022).  

 

Sri menambahkan tepung mocaf dari singkong merupakan terobosan sebagai salah satu penganti tepung terigu untuk bahan pembuatan kue. Bahkan dari sisi kualitas, tepung mocaf diklaim memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan tepung terigu, yaitu memiliki serat dan kalsium tinggi serta kadar lemak yang rendah.

“Kandungan yang ada dalam tepung mocaf juga sangat baik bagi anak-anak penderita autis dan orang yang tengah menjalani program diet serta penderita diabetes mellitus,” ujarnya.

Proses pembuatan tepung mocaf cukup mudah dan sederhana. Pertama singkong dikupas untuk dibuang kulitnya, kemudian dicuci hingga bersih. Selanjutnya dimasukan kedalam mesin pengiris.

“Setelah diiris tipis dalam mesin, dicuci kembali dan tahap berikutnya dijemur di solar dryer dome atau SDD. Hasilnya setelah kering baru dimasukan ke dalam mesin pengilingan menjadi tepung. Tahap terakhir diayak untuk menghasilkan tepung dengan butiran lembut, kemudian dikemas siap dipasarkan,” kata dia seraya menunjukan proses pembuatan mocaf.

Tepung mocaf ini, diakui sangat cocok digunakan sebagai bahan pembuatan aneka kue seperti brownis dan pizza.

“Setelah tahu hasil rasanya lembut, banyak pelanggan yang pesan tepung mocaf. Pemasaran tepung mocaf sudah banyak beredar di sekitar Jawa Timur, Jakarta, Bali, Papua hingga Kalimantan,” bebernya.

Baca Juga: Singkong Diolah Jadi Tepung Mocaf, Raup Omzet Puluhan Juta per Bulan
Jika Rusia-Ukraina Terus Perang, Ini Dampak Ekonomi dan Pertanian

Saat ini, usaha produksi tepung mocaf sudah berjalan 2 tahun dengan keanggotaan yang terus bertambah. Tiap anggota kelompok usaha kreatif mandiri ini, mampu meraup omzet per bulan mencapai puluhan juta rupiah.

“Potensi besar ini, mampu menghidupi semua kelompok disini, ada petani milenial, hingga kelompok wanita tani dan ibu rumah tangga, dengan omzet per bulan tiap kelompok mencapai puluhan juta rupiah,” tandasnya.