Bikin Melongo, Ini 6 Jenis Sayuran yang Harganya Selangit

Ilustrasi Hop Shoots, Sayuran Termahal di Dunia (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 17 Oktober 2022 | 14:45 WIB

Sariagri - Rasanya kurang lengkap jika dalam satu hari kita tidak mengonsumsi sayuran. Hal tersebut karena sayuran memiliki rasa yang lezat dan baik untuk kesehatan.

Dilansir dari myplate, nutrisi yang tinggi pada sayuran mampu memenuhi kebutuhan tubuh. Ada banyak kandungan nutrisi yang ada pada sayuran, sebut saja potassium, serat, asam folat, vitamin A dan C yang punya segudang manfaat bagi kesehatan.

Karena mengandung banyak nutrisi, sayuran juga termasuk bahan makanan yang gampang diolah dan punya harga terjangkau. Namun, ada juga loh sayuran dengan harga yang bikin orang melongo. Itu lantaran sayuran tersebut dibudidayakan dengan cara langka, sayuran-sayuran ditaksir dari harga ratusan ribu hingga miliaran rupiah.

Berikut 6 Sayuran yang Memiliki Harga Selangit

1. Kentang la bonnotte

Kentang la bonnotte biasa dihidangkan di restoran mewah di Prancis. Melansir dari artikel idiva.com, harga setiap 100 gramnya bisa mencapai Rp 4 juta.

Kentang ini hanya ditanam di Noirmoutier atau daerah Perancis Barat dan melalui penanaman secara eksklusif, sehingga dibanderol dengan harga yang tinggi.

2. Selada merah muda

Selada merah muda dikenal juga dengan nama pink lettuce atau pink radicchio ini dikenal unik karena warnanya. Kebanyakan, sayur satu ini dimanfaatkan untuk plating makanan di restoran-restoran mewah. Dilansir dari moeyinc.com, harga sayur ini per 500 gramnya ditaksir sekitar Rp 140 ribu.

3. Hop shoots

Tanaman satu ini umumnya digunakan sebagai penetralisir rasa pada produk-produk minuman beralkohol. Dilansir dari moneyinc.com, harga setiap 100 gramnya bisa mencapai Rp 6 juta.

Harga ini didapat karena cara menanam dan panen hop shoots atau tunas hop ini memiliki tingkat kesulitan yang rumit. Sehingga hanya orang-orang yang sudah terlatih saja yang dapat melakukannya

4. Akar wasabi

Pelengkap hidangan di restoran Jepang ini dikenal menambah cita rasa pedas. Namun, wasabi yang umum di restoran Jepang kerap dibuat dari lobak dan pewarna makanan. Berbeda dengan akar wasabi atau dikenal dengan nama wasabi root.

Bayangkan saja, akar wasabi ini memiliki harga mencapai Rp 1 juta. Dilansir dari idiva.com, hal ini dikarenakan wasabi asli cukup langka dan hanya bisa tumbuh di daerah pegunungan Jepang.

Baca Juga: Bikin Melongo, Ini 6 Jenis Sayuran yang Harganya Selangit
Lima Sayuran Ini Harganya Ratusan Ribu hingga Jutaan Rupiah

5. Bayam yamashita

Bayam yamashita ini masuk kedalam jenis sayuran yang ekslusif. Berdasarkan dari moneyinc.com, bayam ini dirawat secara khusus dan hanya dijual kepada chef di restoran berbintang Michelin. Jadi tidak mengherankan kalau harga per 100 gram-nya ditaksir seharga Rp 184 ribu.

6. Jamur alba

Jamur alba termasuk langka karena hanya tumbuh di daerah Alba, Italia. Banyak yang menyukai jamur ini karena rasanya yang enak. Meski enak, untuk bisa menikmati jamur ini, kamu harus siap merogoh kocek hingga miliaran rupiah. Pasalnya, harga jamur alba ditaksir mencapai Rp 3 miliar.