Hari Pangan Sedunia, Begini Sejarah dan Temanya di Tahun 2022

Ilustrasi makanan pokok. (Foto: Pixabay)

Editor: Dera - Minggu, 16 Oktober 2022 | 12:00 WIB

Sariagri - Hari pangan sedunia yang diperingati setiap tanggal 16 Oktober, seakan terus mengingatkan seluruh negara akan isu-isu seputar kemiskinan dan kelaparan. 

Menurut data World Hunger, sebanyak 828 juta orang di dunia masih mengalami kelaparan. Setelah mengalami penurunan selama satu dekade, kelaparan dunia kembali meningkat dan mempengaruhi hampir 10 persen orang di seluruh dunia.

Di mana pada tahun 2019 hingga 2022 jumlah orang kurang gizi tumbuh sebanyak 150 juta. Krisis pangan sebagian besar didorong oleh konflik, perubahan iklim, dan pandemi COVID-19.

Mendengar kata kelaparan, hal tersebut sangat terkait dengan kemiskinan dan melibatkan interaksi di antara berbagai faktor sosial, politik, demografis, dan sosial. Orang yang hidup dalam kemiskinan sering menghadapi kerawanan pangan, mendapatkan makanan yang tidak layak, dan tinggal di lingkungan yang tidak aman. 

Hal tersebut berujung pada rendahnya akses ke air berkualitas, sanitasi, kebersihan, dan akses atau ketersediaan yang tidak memadai ke layanan kesehatan dan pendidikan. Semua hal itu berkontribusi pada kelaparan.

Sejarah Hari Pangan Sedunia

Hari Pangan Sedunia awalnya merupakan hari didirikannya Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO), yaitu 16 Oktober 1945. Hari Pangan resmi diperingati serentak di dunia setelah konferensi FAO ke-20 pada November 1979. Sebanyak 150 negara ikut memperingati Hari Pangan setelah mendapat pengakuan resmi oleh PBB. 

Sejak 2014, popularitas Hari Pangan Sedunia digunakan untuk mempromosikan gagasan memberi makan ke seluruh dunia dan menumpas kemiskinan di berbagai negara. 

Prinsip utama yang diperingati Hari Pangan Sedunia adalah peningkatan ketahanan pangan, terutama saat krisis. Didirikannya FAO oleh PBB memainkan peran besar dalam memajukan tujuan yang berharga ini. 

Baca Juga: Hari Pangan Sedunia, Begini Sejarah dan Temanya di Tahun 2022
Musim Hujan Nih, Ini 4 Jenis Makanan yang Lebih Nikmat Jika Digoreng

Dalam beberapa tahun terakhir, Hari Pangan Sedunia fokus pada berbagai aspek ketahanan pangan dan pertanian, termasuk komunitas nelayan, perubahan iklim, dan keanekaragaman hayati.

Pada 2022, tema Hari Pangan Sedunia adalah 'Leave No One Behind.' Tema tersebut difokuskan pada berbagai tantangan global termasuk pandemi COVID-19, perubahan iklim, konflik, kenaikan harga, dan ketegangan internasional. Tema Hari Pangan Sedunia pada 2021 adalah 'Safe Food Now for A Better Tomorrow.'