Dijamin Bebas Kutu, Ini Tips Menyimpan Kerupuk Mentah Gunakan Daun Pandan

Ilustrasi kerupuk kemplang khas Lampung. (Antara)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 3 November 2022 | 20:45 WIB

Sariagri - Kerupuk menjadi salah satu makanan pendamping yang wajib ada bagi masyarakat Indonesia. Tak lengkap rasanya jika makan tanpa kerupuk.

Tak heran jika kemudian banyak orang akhirnya menyetok kerupuk dalam jumlah banyak di rumah. Kerupuk yang dijadikan stok ini biasanya disimpan dalam kondisi mentah karena tahan lama.

Umumnya, jika membeli kerupuk dalam jumlah banyak, kerupuk tersebut disimpan dalam box. Meskipun bisa membuat umur kerupuk jadi lebih awet, cara menyimpan yang tidak tepat bisa membuat kerupuk jadi berkutu.

Selain itu, menyimpannya di box container juga meningkatkan kemungkinan ada banyak serangga yang bersarang. Kutu dan serangga yang bersarang di box container bisa membuat kerupuk mentah yang disimpan di dalamnya justru terkontaminasi.

Agar lebih aman, kamu bisa menyimpan kerupuk mentah dengan memanfaatkan beberapa lembar daun pandan. Kamu bisa menaruhnya di bagian bawah box.

Akan tetapi, jangan mencampur daun pandan kering. Tata satu persatu kerupuk mentah yang sudah dikemas dalam plastik dengan rapi hingga memenuhi setengah bagian container.

Jika sudah terisi setengah bagian container, ulangi cara yang sama. Letakkan beberapa lembar daun pandan di layer kedua, kemudian tumpuk lagi dengan kerupuk mentah.

Baca Juga: Dijamin Bebas Kutu, Ini Tips Menyimpan Kerupuk Mentah Gunakan Daun Pandan
4 Tips Mengolah Ayam Bakar Agar Tidak Gosong

Setelah itu, kamu perlu menaruh lagi daun pandan pada bagian atas kerupuk. Aroma menyengat pada daun pandan segar adalah penyebab kutu dan serangga enggan bersarang.

Sehingga kerupuk mentah bisa awet dan kualitasnya tetap terjaga sekalipun disimpan dalam waktu yang lama. Namun pastikan juga untuk mengganti daun pandan yang sudah kering karena aromanya sudah memudar.