Apa Benar Minum Air Putih Bikin Kulit Terhidrasi? Ini Faktanya

Ilustrasi air putih. (Foto: Unsplash)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 11 Oktober 2022 | 16:00 WIB

Sariagri - Minum air putih memang dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan asupan cairan tubuh. Selain itu, minuman air putih juga dapat meningkatkan imunitas dan memperlancar pencernaan

Nah, banyak juga yang mengatakan kalau minum banyak air putih bisa membantu meningkatkan penampilan serta kesehatan kulit. Berbicara soal hubungan minum air putih dan kesehatan kulit, ternyata hal itu bukanlah cara yang tidak efisien untuk menghidrasi kulit.

Jadi, ketika kamu minum air, air tidak akan langsung ke kulit. Melainkan mengalir melalui usus, menyerap ke dalam aliran darah, dan kemudian disaring oleh ginjal. Setelah itu baru menghidrasi sel-sel di dalam tubuh.

Umumnya seseorang yang terhidrasi dengan baik akan terlihat lebih sehat dibanding mereka yang mengalami dehidrasi. Meski sering dianggap sama, sebenarnya nih kondisi kulit kering dan dehidrasi itu berbeda.

Karena itu, minum lebih banyak air putih tidak akan menolong kulit kering. Meski begitu, kamu harus mengetahui kondisi kulit sebelum mencoba untuk menanganinya.

Baca Juga: Apa Benar Minum Air Putih Bikin Kulit Terhidrasi? Ini Faktanya
5 Kondisi Tubuh yang Menandakan Harus Segera Minum Air Putih

Jika kulit terasa kering, cobalah untuk beralih ke kandungan yang bisa memperbaiki penghalang kulit, seperti ceramide, asam hialuronat, dan gliserin. Akan tetapi, kekurangan cairan juga bisa berpengaruh pada penampilan kita. Dehidrasi yang parah dapat membuat kulit kendur dan tampak kusam.

Tapi, bukan berarti kamu bisa minum air terlalu banyak. Hal ini malah bisa menyebabkan overhidrasi yang dapat menyebabkan keracunan air dan hiponatremia.