Dear Ladies, Ini 5 Makanan yang Bisa Redakan Nyeri Haid

Ilustrasi cokelat hitam. (pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Dera - Jumat, 7 Oktober 2022 | 21:00 WIB

Sariagri - Menstruasi merupakan siklus normal bulanan yang terjadi pada wanita, yang ditandai dengan keluarnya darah pada vagina. Siklus yang juga kerap disebut haid memang kerap membuat rasa tidak nyaman pada wanita. 

Biasanya, wanita akan mengalami nyeri di bagian perut hingga badan terasa pegal-pegal. Jika sudah dalam kondisi tersebut, maka kamu harus mensiasatinya dengan mengonsumsi makanan yang bisa meredakan nyeri haid. 

Jika kamu mengonsumsi makanan yang tepat, maka khasiatnya tak hanya meredakan nyeri haid tapi juga bisa membuat mood kamu lebih baik.

Berikut 5 makanan yang bisa meredakan nyeri haid

Cokelat Hitam

Dikutip dari elitedaily, mengonsumsi cokelat hitam dengan lebih dari 70 persen kakao akan mengendurkan otot sehingga membuat kita lebih santai. Hal ini karena cokelat hitam mengandung magnesium, omega-3, dan asam lemak omega-6. Semua senyawa tersebut akan membantu meningkatkan suasana hati.

Jeruk

Jeruk adalah makanan yang bisa mengurangi gejala periode. Diketahui jeruk mengandung vitamin D dan kalsium yang membantu menghilangkan kecemasan dan depresi. Selain itu, kedua senyawa tersebut dapat mengurangi kram dan rasa sakit sehingga membantu meringankan gejala depresi.

Almond

Almond mengandung serat dan nutrisi yang dibutuhkan selama haid berlangsung. Saat menstruasi, tak jarang perut merasa lebih kembung. Jika serat terpenuhi, ini akan membuat jalur pencernaan menjadi lancar dan mengubah mood kita menjadi lebih baik.

Yogurt

Kalsium merupakan makanan yang dibutuhkan selama menstruasi. Melansir rd.com, penelitian menunjukkan bahwa mineral penambah tulang dapat mengurangi nyeri kram menstruasi, mengurangi kembung, dan retensi air.

Baca Juga: Dear Ladies, Ini 5 Makanan yang Bisa Redakan Nyeri Haid
Katanya Makan Coklat Setelah Konsumsi Mie Berbahaya, Ini Faktanya

Kalsium juga dapat membantu suasana hati lebih baik dan meningkatkan konsentrasi. Selain itu, yogurt juga mengandung kalsium sehingga baik untuk dikonsumsi pada saat menstruasi.

Pisang

Sejumlah besar magnesium, potasium, dan serat yang terkandung dalam pisang akan membantu pergerakan usus dan juga akan berdampak rileks pada suasana hati. Tak cuma itu, pisang juga membantu meringankan gejala menstruasi seperti sakit kepala dan kram.