Bagi Para Pasutri, 6 Makanan Ini Bisa Cegah Kemandulan

Ilustrasi ikan salmon. (pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Reza P - Jumat, 21 Oktober 2022 | 19:45 WIB

Sariagri - Setiap pasangan suami istri tentu mendambakan untuk memiliki sang buah hati. Banyak hal yang bisa dilakukan agar impian tersebut terwujud.

Kebanyakan pasangan yang belum memiliki anak saling pasti memiliki pertanyaan dan menyalahkan satu sama lain akan kemandulan yang terjadi.

Padahal, banyak cara, untuk mempersiapkan nutrisi agar terhindar dari kemandulan. Berikut beberapa makanan yang wajib dikonsumsi untuk menghindari kemandulan.

Buah Jeruk

Kita semua tahu buah jeruk mengandung vitamin c tinggi. Ternyata vitamin C tidak hanya baik untuk sistem imun tubuh. Tapi, kandungan vitamin C pada jeruk dapat mencegah kekentalan pada sperma yang menjadikan sperma berbentuk gumpalan sehingga proses pembuahan tidak dapat terjadi dengan sempurna.

Kembang Kol

Kembang kol bisa jadi sayuran dengan manfaat yang super lengkap, karena mengandung asam folat juga mengandung vitamin c yang cukup tinggi yaitu dalam 100 gram kembang kol mengandung 48,2 mg vitamin C.

Roti Gandum

Selama ini roti gandum dipandang sebelah mata. Padahal roti gandum dapat mencegah kemandulan. Hal ini karena di dalam roti gandum terdapat juga kandungan asam folat serta vitamin B kompleks yang bisa menjaga kesuburan sel telur dan juga sperma pada laki-laki.

Sayuran Hijau

Sayur memang makanan berjuta manfaat, termasuk khasiatnya sebagai makanan pencegah kemandulan. Karena dalam sayuran hijau terdapat kandungan asam folat yang sangat baik untuk program kehamilan yang dapat meningkatkan kesuburan dan menyempurnakan pembuahan sel telur dalam ovarium.

Ikan Salmon

Kabar gembira untuk kamu yang gemar memakan ikan, apalagi ikan salmon. Ternyata kandungan omega 3 yang terdapat dalam ikan salmon dapat meningkatkan kualitas pembuahan sperma dalam organ reproduksi sehingga dapat meminimalisir risiko keguguran dan kemandulan.

Baca Juga: Bagi Para Pasutri, 6 Makanan Ini Bisa Cegah Kemandulan
Jaga Hidrasi Tubuh, Ini 8 Sayuran yang Baik Dikonsumsi Saat Cuaca Panas

Pisang

Kebanyakan kasus kemandulan terjadi akibat hormon yang tidak seimbang. Kondisi ini dapat mengakibatkan banyak hal, seperti kualitas sperma buruk, sampai dengan siklus menstruasi wanita yang kacau.

Hindari hal ini dengan mengkonsumsi buah pisang. Kandungan vitamin B6 dapat membantu menyeimbangkan hormon dalam tubuh sehingga terhindar dari kemandulan.