Bukan Inggris dan Cina, Ini Negara Peminum Teh Terbanyak di Dunia

Ilustrasi teh hitam (Freepik)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 3 Oktober 2022 | 21:00 WIB

Sariagri - Kebiasaan minum teh identik dengan kebiasaan yang dilakukan oleh orang Inggris. Namun tahukah bahwa negeri Ratu Elizabeth II itu bukan negara peminum teh terbanyak di dunia?  

Negara yang masyarakatnya paling sering minum teh adalah Turki. Orang Inggris dan Cina, yang mendalami sejarah teh, mungkin mendapat lebih banyak perhatian. Tetapi Turki memiliki konsumsi teh per kapita tertinggi di dunia. 

Mengutip CNN, rata-rata orang Turki mengonsumsi empat kilogram daun teh per tahun, menurut Komite Teh Internasional. Jumlah tersebut setara dengan 85 juta orang yang minum empat gelas teh per hari. 

"Mengonsumsi teh adalah aktivitas sosial sekaligus kenikmatan kuliner," kata Huseyin Karaman, rektor Universitas Recep Tayyip Erdogan di Rize. 

"Ini adalah perekat yang menyatukan semua orang di masyarakat kita," tambahnya. 

Fakta bahwa teh lebih murah dari harga kopi menjadi salah satu alasan tingginya penikmat teh. Orang-orang akan menyajikan teh dengan cangkir kaca yang indah sehingga warnanya bersinar.

Dari pedesaan di Laut Hitam hingga kebun teh Kurdi di Turki timur dan kafe-kafe populer di Istanbul, teh digunakan untuk segala hal, mulai dari menyambut orang asing hingga bertemu dengan teman-teman. Teh juga semacam pertanda dimulainya hari atau penenang hari-hari yang sibuk. 

Teh memang menjadi bagian penting dari banyak budaya yang berbeda. Mengingat manfaat kesehatan yang menyertai minum teh, statusnya sangat dihormati adalah hal yang sangat positif. 

Bukti menunjukkan banyak efek positif dari konsumsi teh, bahkan Cina kuno menganggap teh sebagai minuman obat. Daun teh mengandung banyak antioksidan sehat dan zat yang menurunkan risiko kanker, diabetes, dan penyakit jantung. 

Baca Juga: Bukan Inggris dan Cina, Ini Negara Peminum Teh Terbanyak di Dunia
5 Minuman ini Bisa Hilangkan Lemak Perut

Selain itu, mengonsumsi teh dapat membantu mengurangi peradangan sendi karena adanya polifenol. Teh membantu menurunkan kolesterol, mendorong penurunan berat badan, dan mempertajam kewaspadaan mental. 

Pakar kesehatan menyarankan untuk minum lebih sedikit teh olahan dan berhati-hati dengan gula dan pemanis tambahan lainnya. Negara lain yang dikenal sebagai peminum teh terbesar di dunia adalah Iran, Irlandia dan Rusia.

Video Terkait