Warga Cina Selundupkan 226 Kg Daging di Koper, Kena Denda Ratusan Juta

Ilustrasi daging sapi. (Pixabay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Reza P - Senin, 3 Oktober 2022 | 12:30 WIB

Sariagri - Seorang warga Cina dilaporkan melakukan penyelundupan daging sebanyak 226 kilogram di dalam koper. Atas aksinya tersebut, ia didenda ratusan juta rupiah oleh pihak imigrasi.

Wanita ini memasukkan beragam jenis daging ke dalam koper untuk dibawa ke Singapura, mulai dari daging babi, kelinci hingga sapi diselundupkan melalui penerbangan ke Singapura. Aksinya tersebut pun masuk sebagai impor legal.

Dalam sebuah pernyataan dari Badan Makanan Singapura (SFA) dan Otoritas Imigrasi, warga China itu dikenai denda sebesar S$17.500 atau senilai Rp 184 juta, seperti dikutip dari mothership.

""Di Singapura, impor pangan harus memenuhi persyaratan SFA. Pangan hanya dapat diimpor oleh importir berlisensi, dan setiap pengiriman harus dinyatakan dan disertai dengan izin impor yang sah. Produk makanan yang diimpor secara ilegal tidak diketahui sumbernya dan menimbulkan risiko keamanan pangan," tulis SFA.

Baca Juga: Warga Cina Selundupkan 226 Kg Daging di Koper, Kena Denda Ratusan Juta
Pria Ini Tuai Kontroversi Usai Makan Daging Mentah Selama 166

Dalam aturan disebutkan, Pelanggar yang mengimpor produk daging secara ilegal dari sumber yang tidak disetujui dapat dikenakan denda mencapai S$50.000 (Rp 531 juta) dan/atau penjara hingga dua tahun. Hukuman berikutnya dapat dikenakan denda hingga S$100.000 (Rp 1 miliar) dan/atau penjara hingga tiga tahun.

Tak hanya sekali, sebelumnya ada kasus serupa yang terjadi. Saat itu seorang warga Australia membawa produk sarapan McDonald's dari Bali di tas miliknya dalam penerbangan. Ketika sampai proses imigrasi, bule Australia itu dikenai denda karena membawa makanan dari luar negeri. Bule itu dikenai denda sebesar Rp 27 juta, padahal itu hanyalah makanan untuk sarapan.

Video Terkait