Wajib! Ini Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

Ilustrasi air putih. (Foto: Unsplash)

Penulis: Triana, Editor: Reza P - Senin, 3 Oktober 2022 | 06:00 WIB

Sariagri - Di zaman sekarang, Kebanyakan orang ketika bangun tidur hal yang pertama dicari adalah gadget. Padahal, anjuran dari para ahli kesehatan menyarankan setelah bangun tidur hendaknya kita harus meminum segelas air putih.

Faktanya, meminum air putih setelah bangun tidur mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Kita sendiri disarankan sedikitnya untuk mengonsumsi air putih sekitar empat gelas atau 640 ml setelah bangun tidur.

Hal ini lantaran, jika kamu rutin minum air putih dapat mengangkut nutrisi ke sel, mengatur suhu tubuh dan dapat melumasi sendi. Itu sebabnya kita wajib memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih setelah bangun tidur.

Selain itu, masih ada lagi manfaat dari minum air putih di pagi hari bagi kesehatan. Simak ulasannya, seperti yang dikutip dari laman healthline.

1. Meningkatkan mood

Sebuah studi pada tahun 2014 mengatakan bahwa orang yang sering minum air putih dalam volume rendah mempunyai suasana hati yang lebih baik.

Selain itu, dehidrasi berdampak buruk pada suasana hati, sementara rehidrasi dapat memperbaiki suasana hati dan gejala kelelahan.

2. Baik untuk kulit

Sebuah studi pada 2015 mengungkapkan peningkatan asupan air dapat berdampak positif pada fisiologi kulit, terutama pada orang yang biasanya minum lebih sedikit. Kulit mengandung 30 persen air dan dapat membantu kulit untuk meningkatkan elastisitas dan kekenyalannya.

3. Menurunkan berat badan

Siapa nih yang sedang menjalankan program diet? Sebuah studi pada tahun 2010 menemukan jika orang dewasa paruh baya dan lebih tua, ketika minum 500 ml air sebelum sarapan selama 12 minggu, berat badannya akan menurun.

Sebagian peneliti menghubungkan turunnya berat badan tersebut dengan turunnya asupan energi dari makanan di antara orang yang minum air. Itu berarti mereka makan lebih sedikit daripada orang yang nggak minum air sebelum sarapan

Baca Juga: Wajib! Ini Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur
Ini Alasan Mengapa Manusia Tidak Boleh Minum Air Laut

4. Baik untuk fungsi tubuh

Sebuah studi pada 2010 mengatakan bahwa peningkatan asupan cairan dapat mencegah urolithiasis, yaitu adanya batu pada saluran kemih. Orang juga membutuhkan asupan air yang cukup bagi fungsi sistem kardiovaskular. Selain itu, air juga berfungsi sebagai pelumas sendi sehingga mengurangi nyeri.

5. Meningkatkan kesehatan mental

Menurut sebuah studi pada tahun 2016 bahwa minum air dengan rutin dapat berdampak pada kognisi dan kinerja mental. Begitu pula sebuah review pada 2019 melihat efek hidrasi pada kinerja kognitif.