Ternyata Ini Alasan Mengapa Banyak Orang Suka Makan Makanan Renyah

Ilustrasi Makanan renyah (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Reza P - Sabtu, 26 November 2022 | 22:00 WIB

Sariagri - Apa ya yang membuat makanan renyah lebih menggoda? Banyak orang yang mudah tergiur oleh makanan renyah, hal ini karena makanan renyah dinilai lebih teras gurih dan memiliki aroma yang tak bisa tertahankan ingin mencobanya.

Aroma makanan ternyata bukan satu-satunya alasan untuk orang tertarik merasakan makanan. Tekstur dari makanan juga bisa menjadi faktor pendorong seseorang untuk memakannya.

Hal tersebut disebutkan dalam studi Scientific Report di mana Ddlam penelitian ini, 111 sukarelawan diminta untuk mencicipi makanan cokelat. Tim peneliti juga menanyai sukarelawan tentang bagaimana pendapatnya tentang tekstur cokelat.

Dalam studi yang dilakukan oleh Scientific Report, diikutsertakan 111 sukarelawan diminta mencicipi makanan cokelat. Tim peneliti juga menanyai sukarelawan tentang bagaimana pendapatnya tentang tekstur cokelat.

Hasil yang disimpulkan bahwa persepsi tekstur makanan muncul dari interaksi makanan dengan reseptor saraf mekanik di mulut. Artinya, tekstur makanan juga menjadi pilihan sekaligus penolakan seseorang dalam memilih makanan yang hendak dikonsumsi.

Tak sampai pada penelitian itu saja, par tim peneliti juga menguji apakah antara sensitivitas sentuhan mulut dengan persepsi ukuran partikel makanan yang dikonsumsi berhubungan. Dengan dibantu oleh alat yang disebut Von Frey Hairs, peneliti dapat melihat peserta untuk membedakan kekuatan tekstur makanan lewat lidah mereka.

Senada dengan hal tersebut, Alan Hirsch, M.D. yang juga pernah meniliti hal serupa mengatakan, alasan orang suka makanan renyah karena adanya faktor nada yang timbul saat pengunyahan, maksudnya iringan pendengaran yang mempengaruhi stimulus sensorik makan.

"Untuk stimulasi non-penciuman, non-penciuman, orang-orang lebih suka renyah," katanya kepada Mental Floss.

Suara tersebut yang menurut Hirsch menyebabkan seseorang menyukai camilan renyah. Lantaran menghadirkan suara berisik, keributan keras yang merambat ke telinga bagian dalam.

Baca Juga: Ternyata Ini Alasan Mengapa Banyak Orang Suka Makan Makanan Renyah
Benarkah Susu Bisa Menggantikan Peran Santan Dalam Masakan?

Tapi menurut Hirsch pula, kesukaan orang terhadap makanan renyah juga tergantung pada tingkat kebisingannya. Normalnya, orang lebih tertarik mengonsumsi makanan renyah yang menghasilkan kebisingannya mencapai 63 desibel.

"Ketika kita mendengarnya, kita makan lebih banyak. Dalam kasus makanan yang lembek dan basah, manusia menggunakan indera lain, memandang makanan dengan ragu-ragu atau mengendusnya untuk tanda-tanda kadaluarsa," tutupnya.