Ingin Jantung Sehat? Ini Daftar Makanan yang Wajib Kamu Konsumsi

Ilustrasi alpukat.(pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Dera - Rabu, 28 September 2022 | 06:00 WIB

Sariagri - Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang banyak menyumbang kematian terbesar di seluruh dunia. Bayangkan, di Indonesia sendiri penyakit ini menempati peringkat tertinggi penyebab kematian pada usia produktif, di mana angkanya terus meningkat setiap tahun.

Dari data yang dihimpun dari Kementrian Kesehatan, berdasarkan diagnosis dokter di Indonesia, penderita jantung didominasi masyarakat perkotaan yang disebabkan gaya hidup tidak sehat, seperti merokok dan pola makan tidak seimbang.

Akan tetapi, sebenarnya kita bisa mencegahnya dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat memengaruhi tekanan darah, trigliserida, kadar kolesterol, dan peradangan yang menyebabkan risiko penyakit jantung.

Berikut rekomendasi makanan sehat yang bisa mengurangi risiko serta memaksimalkan kesehatan jantung seperti yang dilansir dari Healthline.

Berry

Buah berry seperti stroberi, blueberry, blackberry, dan raspberry merupakan makanan yang sudah terkenal dengan kandungan antioksidan yang amat kaya. Kamu disarankan untuk mengonsumsinya setiap hari karena dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Kandungan dalam buah berry yang disebut anthocyanin juga mampu melebarkan pembuluh darah serta dapat melindungi orang yang mengonsumsinya dari stres oksidatif atau keadaan di mana jumlah radikal bebas dalam tubuh melebihi batas kapasitas.

Alpukat

Alpukat adalah buah yang kaya akan lemak tak jenuh tunggal. Artinya, jika kamu mengonsumsinya secara rutin sebanyak satu buah sehari terbukti dapat menjaga kesehatan jantung. Tak hanya itu, alpukat juga kaya akan potasium, nutrisi yang penting untuk kesehatan jantung.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau mengandung nutrisi, mineral, serta antioksidannya yang tinggi. Tak hanya itu, vitamin K dan Nitrat yang terkandung di dalamnya juga dapat membantu mengurangi tekanan darah serta meningkatkan fungsi arteri.

Beberapa jenis sayuran hijau yang ternyata memiliki banyak kandungan baik untuk kesehatan jantung meliputi kangkung, bayam, brokoli, dan sawi yang tentunya dapat diolah sesuai selera.

Kacang-kacangan

Konsumsi berbagai jenis kacang-kacangan seperti kenari, almond, kedelai, hingga hazelnut juga dapat meningkatkan kinerja jantung lebih maksimal sehingga mengurangi risiko terhadap penyakitnya.

Lewat antioksidan, folat, dan kandungan nutrisi baik lainnya, mengonsumsi kacang-kacangan juga dapat menurunkan risiko penumpukan endapan arteri seperti kolesterol dan trigliserida LDL (low density lipoprotein).

Ikan Salmon

Ikan Salmon memiliki banyak manfaat untuk kesehatan jantung lewat kandungan protein dan asam lemak Omega-3 yang dapat membantu mengurangi peradangan di seluruh tubuh, terutama jantung.

American Heart Association menyarankan makan daging salmon atau jenis ikan lain, seperti tuna, sarden dan kod setidaknya dua kali seminggu karena memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Video Terkait



Baca Juga: Ingin Jantung Sehat? Ini Daftar Makanan yang Wajib Kamu Konsumsi
Pilihan Menu Sarapan yang Cocok Bagi Penderita Asam Lambung dan GERD