Hindari Makanan dan Minuman Ini Agar Menstruasi Jadi Menyenangkan

Ilustrasi teh hitam (Freepik)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 22 November 2022 | 22:00 WIB

Sariagri - Para kaum hawa pasti akan merasakan rasa nyeri saat menstruasi datang. Jelas saja hal ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Inilah betapa pentingnya menjalani pola makan sehat dalam menangkal rasa nyeri saat haid. Ternyata, ada beberapa jenis makanan yang kamu perlu hindari saat menstruasi tiba. Berikut ini daftarnya.

1. Makanan Manis

Di momen seperti ini pasti rasa ingin untuk mengonsumsi makanan manis terkadang menjadi lebih besar. Tapi, ada baiknya kamu menghindari semua makanan atau minuman yang memiliki kadar gula yang tinggi.

Hal ini akan berpengaruh pada perubahan suasana hati. Jika memang sedang ingin menikmati makanan manis, cobalah mengganti asupannya dengan buah atau yoghurt yang memiliki berbagai kandungan nutrisi lainnya.

2. Makanan dan Minuman dengan Kandungan Kafein

Sudah menjadi lifestyle, kopi, teh, hingga minuman coklat boba memang jadi salah satu favorit. Namun, jenis minuman tersebut ternyata mengandung kafein yang sebaiknya dihindari ketika sedang menstruasi.

Coklat, kopi, teh, hingga minuman bersoda bisa menjadi satu hal yang memicu perubahan mood. Selain itu, bisa juga meningkatkan nyeri payudara.

Jadi sebaiknya kamu memperbanyak minum air putih atau infused water untuk menjaga kebutuhan cairan dalam tubuh.

3. Makanan Berjenis Gandum Olahan

Gandum memang kaya akan serat yang baik untuk kesehatan. Namun, pilih yang mengandung gandum murni, bukan gandum olahan.

Makanan yang mengandung gandum olahan seperti roti dan kue biasanya sudah kehilangan banyak nutrisi di dalamnya, sehingga tidak sesehat kandungan gandum murni.

Selain bisa mengganggu kadar gula dalam darah, jenis gandum olahan ternyata juga bisa mengganggu nafsu makan sehari-hari. Jadi, sebaiknya hindari konsumsi jenis makanan yang satu ini dan beralih ke oatmeal atau nasi merah yang bisa jadi pilihan diet sehat selama menstruasi.

4. Makanan Berkadar Lemak Tinggi

Nyeri dan perut kembung yang terjadi selama menstruasi sebenarnya juga bisa dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi. Contohnyanya makanan cepat saji yang memiliki kadar lemak tinggi ternyata dapat meningkatkan hormon estrogen dalam tubuh.

Baca Juga: Hindari Makanan dan Minuman Ini Agar Menstruasi Jadi Menyenangkan
Hati-hati! 4 Makanan Ini Mengandung Gula Tinggi

Hormon ini yang menyebabkan nyeri pada payudara hingga perut kembung. Jadi, penting untuk memilih jenis makanan yang baik untuk kesehatan sebagai asupan nutrisi di masa menstruasi.

Perbanyak konsumsi sayur, buah dan makanan yang memiliki kadar zat besi tinggi supaya nggak anemia selama masa menstruasi berlangsung.