Tipa-tipa, Olahan Beras Mirip Sereal Khas dari Tanah Toba

Ilustrasi tipa-tipa, makanan khas tanah Toba (Istimewa)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Sabtu, 24 September 2022 | 22:00 WIB

Sariagri - Pada dasarnya hampir setiap daerah yang ada di Nusantara memiliki makanan khasnya tersendiri. Tak terkecuali daerah wisata Kabupaten Toba, Sumatera Utara. Tipa-tipa merupakan camilan khas Batak yang banyak diburu wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Sekilas, tipa-tipa sangat mirip dengan sereal yang biasa dijumpai di supermarket dan memiliki kemiripan dengan cemilan dari beberapa daerah. Hal ini dikarenakan camilan memiliki tekstur persis seperti sereal gandum.

Mengenal asal usul tipa-tipa

Tipa-tipa adalah makanan ringan yang menjadi ciri khas cenderamata dari Kecamatan Porsea, Sumatera Utara. Di daerah Porsea, tepatnya di Desa Patane, sejumlah warga asli sana masih banyak yang membuat tipa-tipa.

Diketahui, bahan dasar pembuatan kuliner tradisional Batak ini adalah padi yang masih muda ataupun yang belum menguning. Kemudian, padi muda direndam selama kurang lebih dari 24 jam. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan tekstur yang bagus.

Setelah direndam, selanjutnya padi-padi ini ditiriskan dan dimasukkan ke kuali untuk disangrai hingga matang. Kemudian padi yang masih dalam kondisi panas tersebut, dimasukkan ke tempat bernama andalu untuk ditumbuk. Tujuan penumbukan ini dilakukan guna memecahkan kulit padi agar terpisah dengan biji beras yang sudah pipih.

Setelah itu, kuliner asli dari tanah Batak ini masih harus ditampi, sehingga tidak ada lagi kulit padi yang tersisa dan masuk dalam tahapan layak dikonsumsi atau dijual.

Baca Juga: Tipa-tipa, Olahan Beras Mirip Sereal Khas dari Tanah Toba
Mengenal Garut, Tanaman Pangan Lokal yang Kaya Manfaat

Dalam penyajian makanan yang satu ini memiliki beberapa cara, seperti ditanak terlebih dahulu seperti halnya menanak nasi. Namun ada juga yang sekedar direndam air panas mendidih, kemudian mencampurkannya dengan kelapa parut, gula dan garam secukupnya.

Kemudian ada juga yang menyangrai dan langsung mencampurkannya dengan kelapa parut, gula dan garam secukupnya. Selain itu, olahan ini juga bisa dicampurkan dengan susu, coklat, atau dijadikan seperti penyajian sereal gandum pada umumnya.

Video Terkait