Bikin Kulit Cantik, Ini 7 Makanan Kaya Kolagen yang Wajib Dikonsumsi

Ilustrasi daging ayam. (Pixabay)

Editor: Dera - Jumat, 23 September 2022 | 12:15 WIB

Sariagri - Kolagen merupakan protein yang diproduksi tubuh dan memainkan peran penting dalam struktur dan fungsi kulit, tulang rawan, tulang, dan jaringan ikat.

Oleh karena itu, penting bagi Sobat Agri mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen, sehingga bisa membantu menciptakan bahan penyusun (asam amino) yang dibutuhkan oleh tubuh untuk merawat kecantikan dan elastisitas kulit.

Berikut 7 rekomendasi makanan yang bantu tubuh menghasilkan kolagen.

1. Ayam

Banyak suplemen kolagen berasal dari ayam. Sebab, daging putih favorit semua orang ini mengandung banyak jaringan ikat. Jaringan ini membuat ayam menjadi sumber makanan yang kaya akan kolagen.

2. Putih Telur

Telur memang tidak mengandung jaringan ikat seperti banyak produk hewani lainnya. Namun, putih telur mengandung sejumlah besar prolin, salah satu asam amino yang diperlukan untuk produksi kolagen.

3. Buah Sitrus

Vitamin C memegang peran utama dalam produksi pro-kolagen, prekursor tubuh untuk kolagen. Karenanya, mendapatkan cukup vitamin C sangat penting bagi tubuh untuk menghasilkan kolagen. Sebagaimana diketahui, buah sitrus seperti jeruk, jeruk bali, lemon, dan limau kaya akan nutrisi ini.

4. Buah-buahan Tropis

Selain buah sitrus, buah-buahan tropsi yang kaya vitamin C seperti mangga, kiwi, nanas, dan jambu biji juga baik untuk dikonsumsi. Di dalam jambu biji, misalnya, terkandung sejumlah kecil seng, faktor yang juga penting untuk produksi kolagen.

5. Bawang Putih

Bawang putih tidak hanya dapat membuat hidangan menjadi semakin enak. Salah satu bahan masakan ini juga bisa meningkatkan produksi kolagen pada tubuh. Bawang putih mengandung sulfur tinggi, yang merupakan trace mineral yang membantu mensintesis dan mencegah kerusakan kolagen.

Baca Juga: Bikin Kulit Cantik, Ini 7 Makanan Kaya Kolagen yang Wajib Dikonsumsi
Ingin Awet Muda di Usia 40 Tahunan? Coba Deh Konsumsi Makanan Ini

6. Kacang

Kacang merupakan jenis makanan berprotein tinggi dengan kandungan asam amino yang diperlukan untuk sintesis kolagen. Kebanyakan jenis kacang juga kaya akan tembaga, nutrisi lain yang diperlukan untuk produksi kolagen.

7. Tomat

Tomat adalah jenis makanan lain yang menjadi salah satu sumber vitamin C. Satu buah tomat berukuran sedang dapat menyediakan hampir 30 persen vitamin C yang penting untuk kolagen. Di dalam tomat juga terkandung lycopene dalam jumlah besar, antioksidan kuat untuk mendukung kulit.

Video Terkait