Benarkah Minum Kopi Hitam Campur Air Lemon Bisa Turunkan Berat Badan?

Ilustrasi Kopi dan Lemon. (Mstar)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Jumat, 23 September 2022 | 06:00 WIB

Sariagri - Apakah Sobat Agri pernah mendengar minuman kopi yang ditambahkan air lemon? Ya, belakangan ini sedang ramai diperbincangkan kopi yang dicampurkan perasan lemon.

Meski terdengar aneh, faktanya minuman ini menjadi favorit banyak orang, loh. Lantas apa yah alasan orang melakukannya?

Bukan rahasia jika kopi hitam sangat baik untuk dikonsumsi. Hal ini karena di dalamnya mengandung zat antioksidan yang tinggi.

Antioksidan ini berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh bahkan menurunkan berat badan. Namun perlu diingat kopi hitam yang baik ini harus dikonsumsi tanpa gula.

Penambahan gula pada kopi, meski bisa memberikan rasa manis tetapi juga bisa menjadikan minuman ini tak sehat dan menaikkan berat badan.

Salah satu alternatif yang dilakukan orang-orang untuk menikmati kopi hitam dengan racikan yang tak biasa, yakni dengan menambahkan air lemon ke dalamnya. Menurut pengamatan, secangkir kopi lemon ini banyak dikonsumsi orang ketika sedang diet.

Dilansir dari Life Savvy, Samantha Cassetty, seorang ahli gizi di New York menjelaskan bahwa dengan menambahkan air lemon bisa menciptakan rasa. Selain itu, racikan ini juga mampu menjaga tubuh lebih terhidrasi.

Manfaat minum kopi dengan air lemon

Tidak hanya menghadirkan rasa yang berbeda, tetapi penambahan air lemon ke dalam kopi hitam ini ternyata bisa memberikan manfaat.

Menurut Cassetty, air lemon menjadi upaya dalam melakukan defisit kalori dan penurunan berat badan. Meski begitu, dampaknya tidak begitu terlihat.

Oleh karenanya, Cassetty tidak menyarankannya. Ia justru mengusulkan jika ingin diet menurunkan berat badan, sebaiknya fokus pada pola diet yang sehat dan berkelanjutan.

Baca Juga: Benarkah Minum Kopi Hitam Campur Air Lemon Bisa Turunkan Berat Badan?
Bisa Turunkan Gula Darah, Ini 4 Minuman Alami yang Bisa Kamu Coba

Selain itu, pola tidur juga harus dijaga agar terhindar dari stres, sehingga membantu menurunkan berat badan lebih cepat.

Namun kalau tetap ingin menambahkan air lemon ke dalam racikan kopi, bukan menjadi masalah. Sobat Agri bisa melakukannya untuk menghasilkan cita rasa yang unik.

Video Terkait