Jangan Sampai Tertukar! Ini Perbedaan Nasi Padang dengan Nasi Kapau

Ilustrasi nasi padang (wikimedia)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 21 September 2022 | 18:00 WIB

Sariagri - Makanan khas Sumatera Barat memiliki pesonanya tersendiri, cita rasa yang ditawarkan dalam sajian nasi padang menjadi daya tarik.

Selain itu, makanan khas Sumatera Barat menggunakan banyak rempah sehingga memiliki rasa yang akan makanan.

Selain nasi padang, ada pula nasi kapau yang memiliki tampilan yang serupa, namun ternyata berbeda lho sobat Agri. Lalu dimana letak perbedaan keduanya? Yuk Simak!!

Berikut perbedaan nasi padang dengan nasi kapau:

1. Perbedaan Asal

Nasi padang dan nasi kapau sama-sama berasal dari Sumatera Barat, meskipun keduanya berasal dari kota yang berbeda. Nasi padang berasal dari kota Padang, sementara nasi kapau berasal dari kota Bukittinggi. 

2. Lauk yang Digunakan

Perbedaan selanjutnya ada pada lauk yang digunakan pada nasi padang dan nasi kapau. Umumnya nasi padang menjual lauk seperti ayam pop, ayam bakar, rendang dan lainnya. Sementara nasi kapau menjual lauk yang belum tentu ada di rumah makan padang. Lauk khas nasi kapau adalah gulai kapau dan gulai tambusu.

3. Letak Makanan 

Tiap hidangan nasi padang biasanya diletakkan dan ditata di atas piring atau mangkuk, lalu diletakkan di dalam etalase kaca. Sedangkan nasi kapau diletakkan di atas meja yang cukup besar dan disusun bertingkat seperti tangga dan penjual berada lebih tinggi dari makanan. 

4. Cara Memesan 

Untuk memesan makanan di rumah makan padang, biasanya para pembeli diberikan pilihan untuk memesan menu makanan. Pertama bisa langsung memilih lauk pauk dari yang ada di etalase kaca atau bisa memilih hidang yang diantar ke atas meja masing-masing.

Baca Juga: Jangan Sampai Tertukar! Ini Perbedaan Nasi Padang dengan Nasi Kapau
Waspada! Penelitian Sebut Masakan Padang Dapat Memicu Asam Urat

Berbeda dengan cara memesan nasi kapau yaitu, para pembeli hanya bisa langsung memilih menu yang ada di meja besar lalu makanan akan diantar ke meja tempat pembeli akan menyantap makananan.

5. Jenis Sayuran

Nasi padang dan nasi kapau memiliki ciri khas dengan kuah gulai meskipun keduanya memiliki cita rasa gulai yang berbeda. Sayuran yang digunakan pada nasi padang yaitu daun singkong, rebung dan nangka. Sementara nasi kapau biasanya menyajikan sayur kacang panjang dan kubis.

Video Terkait