Benarkah Minum Teh Ampuh Kurangi Risiko Diabetes?

Ilustrasi teh (Pixabay)

Editor: Dera - Rabu, 21 September 2022 | 16:00 WIB

Sariagri - Teh dan kopi selalu menjadi bahan penelitian yang menarik bagi para ilmuwan, terkait perannya pada kesehatan manusia.

Banyak studi menemukan kemungkinan hubungan antara minuman dan perkembangan penyakit. Terbaru, para ilmuwan menemukan bahwa minum teh setidaknya empat cangkir sehari dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2.

Sebuah tim peneliti dari Universitas Sains dan Teknologi Wuhan di China melakukan analisis terhadap 19 studi, termasuk lebih dari satu juta orang di delapan studi, untuk menilai hubungan antara minum teh dalam jumlah sedang dan perkembangan penyakit.

Studi Buktikan Teh Bantu Turunkan Risiko Diabetes



Temuan yang akan dipresentasikan pada pertemuan tahunan Asosiasi Eropa untuk Studi Diabetes di Swedia ini, menemukan bahwa minum teh atau kopi menurunkan risiko masalah kardiovaskular dan masalah lainnya.

"Hasil kami menarik karena temuan penelitian menyarankan agar orang dapat melakukan sesuatu yang sederhana seperti minum empat cangkir teh sehari untuk berpotensi mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2," kata penulis utama Xiaying Li dalam rilisnya, seperti dikutip silive.com.

Para peneliti pertama kali menggunakan data dari Survei Kesehatan dan Gizi China untuk melacak lebih dari 5.000 orang dewasa yang pertama kali disurvei pada tahun 1997 sebelum tindak lanjut tahun 2009 menemukan sekitar 10% peserta mengembangkan diabetes tipe 2.

Jika melihat faktor risiko lain, seperti usia dan aktivitas fisik, para peneliti menemukan peminum teh juga memiliki risiko yang sama terkena diabetes dibandingkan dengan non-peminum teh, namun rasionya lebih kecil.

Studi itu menyarankan minum empat cangkir teh hitam, teh hijau atau Olong setiap hari menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2 sebesar 17% dalam satu dekade. Pengurangan risiko itu lebih diredam sekitar 4% bagi mereka yang minum antara satu dan tiga cangkir sehari.

Para peneliti mencatat senyawa tertentu dalam teh bisa menjadi pemicu untuk menurunkan kemungkinan perkembangan penyakit.

Baca Juga: Benarkah Minum Teh Ampuh Kurangi Risiko Diabetes?
5 Teh Detoks yang Cocok Diminum Setelah Makan Malam



"Ada kemungkinan bahwa komponen tertentu dalam teh, seperti polifenol, dapat mengurangi kadar glukosa darah, tetapi senyawa bioaktif dalam jumlah yang cukup mungkin diperlukan agar efektif," kata Li.

 

Video Terkait